Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

Tak Gubris Rusia, Finlandia dan Swedia Resmi Daftar Keanggotaan NATO meski Ditentang Turki

Walaupun mendapat ancaman dari Rusia, Finlandia dan Swedia nekat mendaftarkan diri menjadi anggota NATO.

TribunVideo
Finlandia dan Swedia Bakal Bergabung dengan NATO. Terbaru, Finlandia dan Swedia resmi mendaftarkan keanggotaan ke NATO, Rabu (18/5/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Walaupun mendapat ancaman dari Rusia, Finlandia dan Swedia nekat mendaftarkan diri menjadi anggota NATO.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengkonfirmasi bahwa kedua negara itu telah resmi menandatangani berkas yang diperlukan.

Namun Turki menunjukkan penolakan lantaran memiliki hubungan kurang baik dengan Swedia.

Bendera-bendera anggota negara NATO yang dikibarkan setengah tiang sebagai tanda berkabung dalam Hari Peringatan Holocaust, Kamis (27/1/2022).
Bendera-bendera anggota negara NATO yang dikibarkan setengah tiang sebagai tanda berkabung dalam Hari Peringatan Holocaust, Kamis (27/1/2022). (Instagram @nato)

Baca juga: VIDEO NATO Latihan Militer Landak Estonia dengan Finlandia dan Swedia setelah Diperingatkan Rusia

Baca juga: Kerahkan 15 Ribu Tentara di Perbatasan Rusia, Latihan Militer NATO Dinilai Ancam Kemananan Moskow

Dilansir TribunWow.com dari Aljazeera, Rabu (18/5/2022), Stoltenberg mengatakan bahwa Finlandia, dan Swedia telah secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan aliansi militer terbesar di dunia, NATO.

Langkah keduanya didorong oleh masalah keamanan akibat perang Rusia di Ukraina.

Keputusan ini disambut baik oleh Stoltenberg, dan sejumlah anggota NATO lainnya.

"Saya menyambut hangat permintaan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Anda adalah mitra terdekat kami," kata Stoltenberg kepada wartawan pada hari Rabu setelah menerima surat lamaran mereka dari duta besar kedua negara Nordik.

"Ini adalah momen bersejarah, yang harus kita dapatkan."

Aplikasi tersebut kini akan dipertimbangkan oleh 30 negara anggota NATO, diperkirakan proses itu akan memakan waktu sekitar dua minggu.

Dilansir The Guardian, Rabu (18/5/2022), Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson sebelumnya mengatakan ada pergeseran seismik dalam arsitektur keamanan Eropa setelah invasi Rusia ke Ukraina.

"Finlandia dan Swedia telah sepakat untuk menjalani seluruh proses ini secara bergandengan tangan, dan kami akan mengajukan permohonan bersama besok,” kata Andersson dalam konferensi pers bersama dengan presiden Finlandia, Sauli Niinistö, di Stockholm.

"Keanggotaan NATO memperkuat keamanan di Swedia tetapi juga di kawasan Laut Baltik."

"Fakta bahwa kami mendaftar bersama dengan Finlandia berarti kami dapat berkontribusi pada keamanan di Eropa utara."

Pengumuman itu datang ketika Gedung Putih mengatakan Niinistö, dan Andersson akan bertemu dengan presiden AS, Joe Biden, pada hari Kamis dan membahas tawaran mereka untuk bergabung.

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved