Breaking News:

Lawan Covid19

Hampir 100 Persen, Penyaluran Dana PEN 2021 di BRI Sudah Terealisasi, Bantuan untuk Pulihkan Ekonomi

Bantuan ini diberikan tentunya untuk memulihkan perekonomian nasional, imbas dari adanya Virus Corona.

KONTAN/Baihaki
ILUSTRASI Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bantuan ini diberikan tentunya untuk memulihkan perekonomian nasional, imbas dari adanya Virus Corona. 

TRIBUNWOW.COM - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum juga usai, pemerintah hingga saat ini masih menyalurkan beragam bantuan sosial untuk masyarakat.

Bantuan ini diberikan tentunya untuk memulihkan perekonomian nasional, imbas dari adanya Virus Corona.

Jenis bantuan yang diberikan oleh Pemerintah beraneka ragam. Yakni untuk kategori pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga kategori perlindungan sosial.

Baca juga: Kisruh Warisan, Ayah Vanessa Angel Nyatakan Alasan Ingin Harta Benda Putrinya Dipisah dari Bibi

Dalam penyalurannya, Pemerintah memberikan amanah kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), salah satunya Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari menjelaskan, sejak krisis pandemi Covid-19 yang dimulai akhir maret 2020, Perseroan telah menjadi mitra utama pemerintah dalam penyaluran program-program pemulihan ekonomi.

Berdasarkan catatan Supari, seluruh penyaluran program pemulihan ekonomi (PEN) di BRI telah terealisasi di atas 90 persen dari target.

Untuk di BRI, terdapat dua sektor yang diperankan Perseroan dalam penyaluran bantuan dari Pemerintah. Yaitu untuk sektor UMKM, dan juga sektor perlindungan sosial.

Untuk bantuan sektor UMKM, bentuknya adalah Banpres produktif usaha mikro (BPUM) serta subsidi bunga.

"BPUM Tahun 2020 kita telah menyalurkan hampir 8,7 juta (penerima manfaat) dan sukses 100 persen. Untuk tahun 2021 sampai dengan hari ini sudah mencapai 10,2 juta penerima dengan capaian 100 persen telah tersalurkan," ucap Supari dalam diskusi FMB9, Jumat (5/11/2021).

Kemudian lanjut Supari, bantuan sektor UMKM yang kedua adalah tambahan subsidi bunga.

Baca juga: Terbongkar Wanita yang Maki Arteria Dahlan dan Ibunya Ternyata Istri Eks Dandim, Kini Minta Damai

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di Jakarta, Jumat (17/9/2021). Guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pemerintah menargetkan penyaluran kredit UMKM dapat mencapai Rp 2.000 triliun di tahun 2024. Tribunnews/Irwan Rismawan
Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di Jakarta, Jumat (17/9/2021). Guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pemerintah menargetkan penyaluran kredit UMKM dapat mencapai Rp 2.000 triliun di tahun 2024. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Di mana pada tahun 2020, BRI telah menyalurkan bantuan tersebut kepada hampir 6 juta penerima manfaat dengan nilai Rp5 triliun lebih.

Dan tahun ini BRI telah menyalurkan ke hampir 4,7 juta penerima manfaat dengan nilai Rp1,1 triliun.

BRI juga mendapatkan mandat penyaluran bantuan Pemerintah untuk sektor perlindungan sosial.

Supari menjelaskan, ada tiga kategori yang digarap oleh BRI.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved