Breaking News:

CPNS

Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham Ditunda, Ini Penyebabnya

Ada indikasi kecurangan dari peserta yang berimbas pada penundaan jadwal pengumuman hasil tes SKD CPNS 2021 Kemenkumham.

Editor: Lailatun Niqmah
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi tes CPNS. Ada indikasi kecurangan dari peserta yang berimbas pada penundaan jadwal pengumuman hasil tes SKD CPNS 2021 Kemenkumham. 

TRIBUNWOW.COM - Kabar kurang menyenangkan datang dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pasalnya, ada indikasi kecurangan dari peserta yang berimbas pada penundaan jadwal pengumuman hasil tes SKD CPNS 2021.

Harusnya, pengumuman hasil tes SKD itu dikeluarkan pada tanggal 13-14 November 2021.

Baca juga: 3 Dokumen Ini Wajib Dibawa saat Tes SKB CPNS 2021, Peserta Harus Tahu

"Tetapi karena BKN (Badan Kepegawaian Negara) mencium indikasi tindakan kecurangan yang dilakukan oleh beberapa peserta seleksi, maka BKN melakukan penyelidikan," kata Kepala Bagian Humas pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman, dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021).

Hasilnya, diungkapkan Tubagus, berdasarkan pemeriksaan dan forensik terhadap komputer yang digunakan para peserta, BKN mendapatkan bukti ada 14 peserta seleksi CPNS Kemenkumham yang melakukan kecurangan.

Berdasarkan bukti tersebut, BKN kemudian menarik kembali dan merevisi pengumuman yang sedianya akan segera diumumkan.

"Ke-14 orang yang terbukti melakukan kecurangan akan didiskualifikasi," kata Tubagus.

Terkait peristiwa ini, Kemenkumham sangat mendukung tindakan dan kebijakan BKN.

Ini karena Kemenkumham berkomitmen menyelenggarakan proses seleksi dan rekrutmen secara fair dan terbuka.

Baca juga: Ketentuan Terbaru Tes SKB CPNS 2021, Lengkap dengan Jadwal dan Sesi Pelaksanaan

"Tujuannya adalah agar CPNS yang lolos seleksi akhir adalah benar-benar kader yang berkualitas, jujur dan berakhlak," kata Tubagus.

Ihwal penundaan ini juga tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor Sek.2.KP.02.01-75 tentang Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2021.

Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham, Sutrisno, tertulis bahwa pengumuman hasil SKD Kemenkumham 2021 mengalami penundaan hingga pemberitahuan selanjutnya. (*)

Berita terkait CPNS 2021

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenkumham Endus Indikasi Kecurangan, Pengumuman Hasil SKD CPNS Diundur

Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved