Breaking News:

Pembunuhan di Subang

Beri Peringatan Pihak Sudutkan Yosef dan Mimin di Kasus Subang, Pengacara Laporkan YouTuber Lokal

Keseriusannya ditunjukkan dengan cara melaporkan sejumlah video termasuk Youtuber lokal kepada Cyber Crime Polda Jawa Barat. 

Kompas TV
Saksi dalam kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat, Yosef, (kanan) dan Pengacaranya, Rohman Hidayat (kiri) dalam tayangan AIMAN yang diunggah di Youtube Kompas TV, Selasa (28/9/2021). Rohman sebut tak segan ambil upaya hukum jika ada pihak yang memfitnah kliennya. 

TRIBUNWOW.COM - Pengacara Yosef dan Mimin, Rohman Hidayat nampaknya menunjukkan keseriusannya terkait peringatan kepada sejumlah konten kreator yang menyudutkan kliennya yang berstatus sebagai saksi dalam kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat.

Keseriusannya ditunjukkan dengan cara melaporkan sejumlah video termasuk Youtuber lokal kepada Cyber Crime Polda Jawa Barat

"Saya juga sudah konsultasi ada beberapa video, beberapa Youtuber juga, Youtuber lokal di Subang juga ada sudah dilaporkan, sekarang sedang di analisa oleh teman-teman penyidik Polda Jabar," kata Yosef saat ditemui, Kamis, (14/10/2021) dikutip dari Tribun Jabar.

Baca juga: Hampir 2 Bulan Kasus Subang, Yayasan Milik Yosef Terbengkalai, Siswa di Sekolahnya Juga Kena Dampak

Baca juga: Penyidik Kasus Subang Terima Cetak Rekening Koran Amalia, Pengacara Yosef: Masih Ada yang Kurang

Apabila setelah dianalisa ditemukan unsur pidana dalam sejumlah video yang dilaporkan, Yosef tak segan memenjarakan pihak-pihak yang terkait. 

Dalam kasus ini dia menggunakan Undang-Undang ITE sebagai ancaman untuk delik pidana bagi pihak yang menyudutkan kliennya baik Yosef atau Mimin

"Kalau memang masuk unsur pelanggaran Undang-Undang ITE ya akan segera kita akan melakukan pelaporan yang resminya," ujar Rohman.

Dia juga kembali mengingatkan bagi siapapun agar tak lagi membuat konten yang menyudutkan kliennya tanpa dasar. 

Terlebih dengan konten-konten yang mengandung unsur fitnah. 

Baik pembuat ataupun pihak yang menyebarkannya disebut akan dilaporkan oleh Rohman. 

"Ya jadi begini, konten yang berkaitan dengan konten pemberitaan kasus Subang ini saya sudah warning sekali lagi buat siapapun di luar sana yang sengaja atau tidak sengaja menyebarkan berita bohong, saya pastikan akan melaporkan ke Cyber Crime Polda Jabar," ucap Rohman Hidayat.

Baca juga: YouTuber Asal Subang Dipolisikan Gara-gara Konten Sesat Sudutkan Yosef dan Istri Mudanya

Rohman mengaku geram dengan adanya konten mistis yang bertebaran di media sosial yang dikaitkan dengan proses penyelidikan pihak kepolisian. 

Konten mistis yang menyudutkan kliennya itu dianggap tidak mendidik dan berbahaya.

"Jangan kemudian konten-konten mistis dihubung-hubungkan dengan perkara yang sedang berjalan, itu berbahaya,"

Ketidaksukaan Rohman terhadap adanya konten mistis yang menyudutkan kliennya bukan karena menganggap pihak kepolisian akan terpengaruh. 

Tetapi lebih kepada konten tersebut membuat tuduhan yang sembarangan kepada kliennya khususnya Yosef dan dinilai mendahului pihak kepolisian yang berwenang.

"Saya tentunya sangat apresiasi pihak kepolisian yang sejauh ini masih fokus pada petunjuk-petunjuk yang ada di kepolisian, tidak terpengaruh oleh isi konten-konten tersebut, apalagi konten mistis sangat merugikan klien kami," katanya.

Dia menyebut baik media atau konten kreator seharusnya membantu pihak kepolisian untuk mengedukasi masyarakat dan bukan menyudutkan satu pihak tanpa dasar yang jelas.

Terlebih dalam kasus ini, di mana sedang mendapat sorotan banyak pihak. 

"Kita ingin sampaikan harusnya dalam masalah ini juga ada pesan edukatifnya bahkan harusnya media juga empati terhadap keluarga korban," katanya.

Prihatin dengan Kondisi Yosef

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved