Breaking News:

Terkini Internasional

China Tanggapi Kekhawatiran Media Korea Selatan setelah Weibo Tangguhkan 21 Akun Penggemar KPop

China berikan tanggapan atas kekhawatiran media Korea Selatan setelah penangguhan 21 akun penggemar idola K-pop di media sosial Weibo.

YouTube/Arirang News
Bendera China. China berikan tanggapan atas kekhawatiran media Korea Selatan setelah penangguhan 21 akun penggemar idola K-pop di media sosial Weibo pada Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNWOW.COM – Kedutaan Besar China di Korea Selatan menyatakan tindakan keras yang dilakukan terhadap budaya penggemar tidak akan mempengaruhi hubungannya dengan negara mana pun pada Rabu (8/9/2021).

Upaya China menekan budaya penggemar bertujuan untuk menjaga ketertiban umum negaranya, dilansir dari Reuters pada Rabu (8/9/2021).

Pernyataan itu diungkapkan untuk menanggapi kekhawatiran media Korea Selatan setelah media sosial China, Weibo menangguhkan 21 akun penggemar idola dari Korea Selatan.

Video klip 'Ice Cream' - Blackpink dan Selena Gomez.
Video klip 'Ice Cream' - Blackpink dan Selena Gomez. (Capture YouTube Blackpink)

Baca juga: Situs Media Sosial Weibo di China Tangguhkan 21 Akun Penggemar, Mulai dari BTS hingga BLACKPINK

Baca juga: China Hapus Nama-nama Artis yang Terlibat Skandal dari Internet, Kris Wu hingga Zheng Shuang

“Tindakan China ditujukan pada semua kata dan perbuatan yang dapat memengaruhi ketertiban umum, bea cukai, serta undang-undang dan peraturan,” ungkap kedutaan dalam sebuah pernyataan.

“(Hal itu) tidak akan memengaruhi pertukaran normal antara China dan negara mana pun,” tambahnya.

Pemerintah China telah meluncurkan tindakan keras pada berbagai sektor termasuk industri hiburan dan budaya penggemar yang dianggap telah kacau oleh pihak berwenang.

Kedutaan mengatakan media Korea Selatan khawatir tentang dampak pertukaran budaya antara China dan Korea Selatan dan bahkan percaya bahwa tindakan relevan China ditujukan ke Korea Selatan.

Diketahui, situs media sosial China, Weibo telah memberlakukan penangguhan 30 hari pada 21 akun milik klub penggemar idola Korea Selatan seperti BTS, IU, EXO dan NCT, dilansir dari Yonhap News Agency.

Daftar itu juga termasuk klub penggemar dari masing-masing anggota grup seperti BLACKPINK, Red Velvet dan Girls’ Generation.

Hal itu dilakukan setelah Weibo menangguhkan salah satu akun penggemar dari Jimin BTS selama 60 hari setelah mengunggah foto-foto pesawat khusus dari Jeju Air dengan gambar Jimin untuk perayaan ulang tahunnya Oktober mendatang.

Baca juga: China Rencanakan Pertemuan dengan Korea Selatan, Bicarakan Hubungan Diplomatik dan Korea Utara

Weibo menganggap akun itu melakukan penggalangan dana secara ilegal dan menyatakannya sebagai perilaku penggemar tidak rasional.

China telah banyak memberlakukan kebijakan-kebijakan baru dalam rangka penertiban budaya penggemar.

Cyberspace Administration of China (CAC) akan menindak tegas penyebaran informasi berbahaya di kelompok penggemar dan berkemungkinan menutup saluran diskusi yang memprovokasi skandal selebriti.

CAC juga melarang pembuatan daftar peringkat selebriti berdasarkan popularitas dan akan menindak eksploitasi finansial penggemar melalui penjualan merchandise dan voting berbayar guna membatasi akses anak di bawah umur. (TribunWow.com/Alma Dyani P)

Berita terkait China lain

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved