Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Insiden Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI, dari Bendera Jatuh hingga Satpol PP Gantikan Paskibraka

Sejumlah insiden dan peristiwa menarik mewarnai pelaksanaan upacara peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-76 di berbagai daerah.

KOMPAS.com/TANGKAPAN LAYAR VIDEO
Soleman Sairo (29) sedang memanjat tiang bendera saat memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia hingga viral di media sosial. Peristiwa-peristiwa yang mewarnai upacara peringatan kemerdekaan RI ke-76 di berbagai daerah. 

TRIBUNWOW.COM - Sejumlah insiden dan peristiwa menarik mewarnai pelaksanaan upacara peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-76 di berbagai daerah.

Mulai dari jatuhnya bendera merah putih yang dikibarkan, hingga anggota satpol PP harus gantikan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) karena terjangkit Covid-19.

Selain itu, ada pula video viral seorang pria yang nekat memanjat tiang bendera demi memasang kembali bendera yang gagal dinaikkan.

Berikut berbagai insiden upacara bendera peringatan ulang tahun kemerdekaan RI ke-76 yang dirangkum TribunWow.com, Senin (17/8/2021).

Paskibraka upacara peringatan hari kemerdekaan ke-75 Indonesia di Istana Merdeka, Senin (17/8/2020)
ILutsrasi Paskibraka upacara peringatan hari kemerdekaan ke-75 Indonesia di Istana Merdeka, Senin (17/8/2020) (Sekretariat Presiden)

Baca juga: Ganjar Pranowo Pimpin Upacara di Pusat Isolasi Covid-19, Pidato soal Kemandirian Tanggulangi Pandemi

Baca juga: Upacara Detik-Detik Peringatan Proklamasi, Sejumlah Jalan di Istana Negara Ditutup Pukul 06.00 WIB

Insiden Bendera Jatuh

Upacara khidmat yang dilangsungkan di Lapangan Kantor Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, diwarnai peristiwa tak mengenakkan.

Jatuhnya bendera itu bermula saat tim pengibar bendera akan mengikat tali yang menandakan sampainya bendera di puncak tiang.

Tak berapa lama, tiba-tiba bendera yang dikibarkan jatuh hingga membuat masyarakat yang sedang menyaksikan berteriak kaget.

Kemudian beberapa anggota TNI/Polri segera berlari menuju tiang bendera tersebut dan segera melipat kembali bendera merah putih yang jatuh itu.

"Pengait dari bendera tersebut yang mengakibatkan bendera jatuh," terang Bupati Konawe Utara, Ruksamin dilansir TribunnewsSultra.com.

"Atas kejadian ini saya memohon maaf dan saya minta Bapak Kapolres untuk mengambil langkah-langkah pemeriksaan terhadap pihak tersebut tadi untuk tidak menjadi polemik diantara kita," tandasnya.

Baca juga: Kumpulan Link Twibbon HUT ke-76 RI serta Cara Membuatnya, Bagikan saat Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Viral Pria Nekat Panjat Tiang Bendera 14 Meter

Sebuah video beredar viral di media sosial memperlihatkan sosok seorang pria memanjat tiang bendera saat upacara peringatan ulang tahun kemerdekaan RI ke-76.

Dalam video tersebut, tampak bendera merah putih tengah dinaikkan oleh anggota paskibraka.

Namun, bendera jatuh dan diambil oleh petugas paskibraka serta berusaha untuk dikembalikan.

Karena tak berhasil, seorang pria sigap merangsek dan memanjat tiang bendera setinggi kurang lebih 14 meter tersebut.

Rupanya, peristiwa tersebut terjadi di Desa Ubu Pede, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun, pria yang memanjat tiang bendera dalam video tersebut adalah Kepala Urusan (Kaur) Umum Desa Bera Dolu, Kecamatan Loli bernama Soleman Sairo (29).

Menurut Soleman, aksi tersebut dilakukannya secara spontan lantaran tergugah membantu saat melihat bendera yang jatuh.

Ia mengatakan bahwa tiang bendera tersebut terasa licin akibat hujan gerimis.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved