Breaking News:

Viral Medsos

Sosok Sopir yang Ganti Pelat Nomor Merah Jadi Hitam Ternyata Pegawai Honorer, Kena Sanksi Tilang

Polisi mengungkap sosok sang sopir yang viral karena mengganti pelat nomor berwarna merah menjadi pelat nomor kendaraan pribadi berwarna hitam.

HO/IG BULUNGAN TERKINI via Tribun Kaltim
Tangkapan Layar video viral penggantian plat nomor, di media sosial menjadi viral, karena menunjukan seseorang berpakaian putih dan bertopi tengah mengganti plat nomor kendaraan dinas berwarna merah menjadi plat nomor kendaraan pribadi berwarna hitam. 

TRIBUNWOW.COM - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria tengah mengganti pelat nomor mobil Toyota Innova berwarna merah menjadi pelat nomor kendaraan pribadi berwarna hitam viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi di sebuah SPBU di Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam video itu, tampak seorang pria berpakaian putih dan bertopi mengganti pelat dinas pemerintah berwarna merah KU 1105 B, menjadi pelat nomor pribadi berwarna hitam dengan nomor polisi KT 66 FS.

Baca juga: Fakta Viral Video Pengendara Mobil Ganti Pelat Merah Jadi Hitam saat di SPBU, Ini Penjelasannya

Dilansir Kompas.com, Kepala Bagian Humas Polda Kalimantan Utara (Kaltara) Kombes Pol Budi Rachmat lantas mengungkap sosok sang sopir.

Kombes Pol Budi Rachmat menegaskan, sopir yang mengganti pelat nomor saat isi bensin merupakan tenaga honorer di lingkungan Pemprov Kaltara.

"Bukan (ASN), kita sudah klarifikasi kepada yang bersangkutan. Dan kita sudah kenakan sanksi tilang," ujar Budi kepada wartawan, Jumat (13/8/2021).

Budi menjelaskan, penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) telah diatur dalam Pasal 280 Undang-Undang No 22 Tahun 2009.

Dijelaskannya, setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi TNKB yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.000.

Baca juga: Viral Polwan Bentak Polisi Bhabinkamtibmas yang Ingin Terobos Pos Penyekatan: Jangan Kurang Ajar Kau

Budi juga mengatakan, mobil dengan pelat merah bisa saja memiliki plat hitam.

Hanya saja, cara mendapatkannya tentu tidak mudah.

Jika itu mobil dinas sipil, maka dibutuhkan rekomendasi pimpinan dan harus bermohon ke Kapolda melalui Dir Intelkam.

"Sama halnya dengan mobil dinas Bea dan Cukai contohnya, mereka memiliki plat hitam untuk kepentingan penyelidikan. Kalau hanya untuk iseng, tentu tidak boleh," tegasnya.

Selain memberikan sanksi tilang, Polda Kaltara juga bersurat ke Inspektorat yang ditembuskan ke Gubernur.

Hal tersebut bertujuan agar pimpinan daerah bisa lebih memberikan pengawasan dan pengendalian terhadap kasus kasus seperti ini.

Baca juga: Fakta Viral Penjual Koran Nangis Dibayar Lebih, Sujud Syukur dan Menangis Haru saat Dapat Donasi

Kata Sekda Kaltara

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Suriansyah mengaku belum bisa memastikan apakah pengendara mobil itu adalah ASN atau tenaga honorer.

"Saya perintahkan BPKAD segera menelusuri kebenaran itu, karena kan sekarang banyak aja orang pasang-pasang pelat begitu. Kalau mobilnya memang mobil Sekretariat Daerah. Saya sebagai Sekda menyesalkan sampai terjadi seperti itu," ujarnya saat dihubungi wartawan, Kamis (12/8/2021).

Suriansyah juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang atas kasus ini.

Hasilnya, Sekda diminta untuk melakukan pemeriksaan sesuai mekanisme yang berlaku.

"Saya bentuk tim untuk menelusuri kasus ini. Kita menunggu hasilnya karena kita beri waktu satu minggu harus selesai. Mengenai apakah itu oknum ASN atau bukan saya belum berani keluarkan statemen. Semua hal berkaitan itu kita menunggu hasil kerja tim saja," kata Suriansyah. (*)

Baca berita Viral lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sopir yang Ganti Pelat Nomor Saat Isi Bensin di Kaltara merupakan Pegawai Honorer"

Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved