Breaking News:

Terkini Nasional

Anies Baswedan Segera Dipanggil KPK terkait Kasus Tanah, Begini Kata Firli hingga Wagub Riza Patria

Anies Baswedan akan dipanggil KPK terkait kasus pengadaan tanah di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, oleh BUMD DKI Jakarta, PD Pembangunan Sarana Jaya.

Penulis: Rilo Pambudi
Editor: Rekarinta Vintoko
YouTube Kompas TV
Tangkapan layar Anies Baswedan saat menyaksikan upacara pemecatan 8 petugas Dinas Perhubungan (Dishub) di Balai Kota Jakarta, Jumat (9/7/2021). Terbaru, Anies Baswedan akan dipanggil KPK terkait kasus pengadaan tanah di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, oleh BUMD DKI Jakarta, PD Pemban Sarana Jaya. 

TRIBUNWOW.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rencana pemanggilan tersebut terkait dengan kasus pengadaan tanah di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, oleh BUMD DKI Jakarta yakni PD. Pembangunan Sarana Jaya.

Selain Anies Baswedan, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pihaknya juga akan segera memanggil unsur DPRD DKI Jakarta sebagai saksi di kasus ini.

Ketua KPK Firli Bahur dalam acara AIMAN Kompas TV, Senin (14/6/2021). Firli Bahuri menyebut apa saja boleh dilakukan untuk mencegah korupsi.
Ketua KPK Firli Bahuri dalam acara AIMAN Kompas TV, Senin (14/6/2021). Firli Bahuri menyebut apa saja boleh dilakukan untuk mencegah korupsi. (YouTube Kompas TV)

Baca juga: Anies Baswedan Marah hingga Minta Kapolda Pajang Tampang Penjahat Ini: Memalukan Anak Cucu

Firli menegaskan bahwa KPK akan memanggil semua pihak yang terkait dengan adanya dugaan korupsi pengadaan tanah tersebut.

"Pada prinsipnya demi kepentingan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, dengan kebutuhan yang benar di mata hukum dan memiliki relasi yang jelas dengan suatu kasus siapa pun bisa dipanggil tanpa terkecuali," kata Firli dikutip dari TribunJakarta, Senin (26/7/2021).

Pemanggilan terhadap Anies Baswedan akan dilayangkan dalam waktu tak lebih dari dua pekan ke depan.

"Pada saatnya KPK akan menyampaikan kepada publik secepatnya, mungkin minggu ini atau minggu depan," kata Firli.

Jenderal polisi bintang tiga itu mengatakan, KPK saat ini masih terus bekerja menyelesaikan perkara para tersangka di kasus tersebut.

Mereka yang terlibat di antaranya adalah Yoory Corneles Pinontoan; Direktur PT Adonara Propertindo (AP), Tommy Ardian; Wakil Direktur PT AP, Anja Runtuwene; Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur, dan Rudy Hartono Iskandar; dan PT AP sebagai korporasi.

Baca juga: Reaksi Anies Baswedan setelah Viral Dijadikan Meme PPKM Pak Anies Waktu Makan Sisa 9 Menit 8 Detik

Baca juga: Bandingkan Kondisi RS di DKI Sebulan Lalu dan Kini, Anies Baswedan: Alhamdulillah, atas Izin Allah

Firli memastikan bahwa KPK tidak akan tebang pilih dalam mengusut setiap kasus tersebut.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved