Breaking News:

Pilpres 2024

PKS Sebut Anies Baswedan Punya Potensi Besar di Pilpres 2024 tapi Belum Berniat untuk Mengusung

PKS dikabarkan saat ini belum berniat mengusung Anies saat Pilpres mendtang, pihaknya ingin mencari dan membenahi internal.

kolase wikipedia.org dan Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Foto Logo PKS dalam situs wikipedia.org dan Anies Baswedan - PKS dikabarkan saat ini belum berniat mengusung Anies saat Pilpres mendtang, pihaknya ingin mencari dan membenahi internal, Minggu (30/5/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini dikabarkan tak berniat untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Dikutip dari Tribunnews.com pada Minggu (30/5/2021) PKS saat ini belum mengincar pihak eksternal, namun sedang merapikan dan mencari potensi dari internal.

“PKS belum membidik satupun pimpinan untuk di luar, kami akan merapikan internal dulu dan kawan-kawan dari orang internal,” ucap Sekjen PKS Aboe Bakar, Minggu (30/5/2021).

Potret Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat merayakan lebaran di rumahnya, Kamis (13/5/2021). Nampak Anies mengenakan sorban bergambar bendera Palestina.
Potret Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat merayakan lebaran di rumahnya, Kamis (13/5/2021). Nampak Anies mengenakan sorban bergambar bendera Palestina. (instagram/@aniesbaswedan)

Baca juga: Mengintip Pilpres 2024, Apakah Mesin Partai Politik Sudah Menyala?

Baca juga: Ganjar Kalah dari Anies dalam Survei Pilpres 2024, Politisi PDIP: Udah Bagus, daripada Enggak Dapet

Selain merapikan internal, PKS sedang membidik partai lain untuk berkonsolidasi.

tetapi hal tersebut belum final karena belum ada keputusan perihal ambang batas presiden (president threshold).

“Kamu lagi konsolidasi dulu dan kami akan menyuarakan suara calon dari calon kita dulu dan kami akan memperjuangan president threshold ini di berapa,” ujarnya.

Saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2017, PKS adalah salah satu partai yang mengusung Anies Baswedan saat itu. 

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mengatakan saat ini peluang Prabowo melawan Anies baswedan bisa saja tercipta. 

Dikutip dari Tribun Jakarta pada Minggu (30/5/2021) hal itu kemungkinan bisa terjadi jika partai PDI Perjuangan (PDIP) sungguh-sungguh berkoalisi dengan Gerindra. 

Dirinya menambahkan, jika hal tersebut terjadi, maka PKS, Golkar dan Nasdem kemungkinan besar akan mengusung Anies. 

"Kalau ini tercipta dan Prabowo-Puan misalnya jadi paslon, maka kemudian tentunya partai politik seperti Golkar, Nasdem, PKS, akan mencari calon yang lain," ungkap Qodari pada Sabtu (29/5/2021). 

"Calon yang lain itu dari mana, saya kira kemungkinan besar adalah Anies Baswedan."

Ditambah, menurutnya peluang itu bisa terjadi karena nama Anies berada di papan atas bersama dengan Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam survei elektabilitas calon presiden.

Presiden PKS Dukung Anies

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpeluang menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Syaikhu, Anies selalu menempati peringkat atas dalam hasil survei terkait pilpres.

"Kita melihat memang ada potensi yang sangat besar pada pak Anies (menangi Pilpres 2024)," kata Syaikhu, dikutip dari Antara, Jumat (28/5/2021).

"Peringkat survei Anies kalau tidak kesatu, kedua, atau ketiga, ya seperti itu, dan Pak Anies selama ini selalu bersama PKS sejak jadi Gubernur DKI. Mudah-mudahan dukungan ini terus diberikan," harap Syaikhu. (TribunWoW.com/ Krisna)

Sebagian artikel ini telah tayang dan diolah dari Tribunnews.com dengan judul Utamakan Kader Maju di Pilpres 2024, PKS Tak Berminat Usung Anies Baswedan? , Kompas.com Presiden PKS Sebut Anies Berpeluang Menang pada Pilpres 2024" dan Tribun Jakarta dengan judul PKS Tak Berminat Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved