Breaking News:

Kabar Ibu Kota

Banyak Kebutuhan Besar dan Mendadak, Anies Ungkap Tantangan Urus Keuangan DKI saat Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui ada sejumlah tantangan dalam mengurus keuangan Pemprov DKI Jakarta di masa pandemi Covid-19.

instagram/@aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan tantangan yang ia alami dalam memeroleh Opini WTP pada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, diunggah Senin (31/5/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Untuk keempat kalinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil memeroleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui, bukan hal mudah untuk mengatur keuangan Pemprov DKI khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Anies mengungkapkan ada beberapa tantangan yang ia alami dalam mengurus keuangan di tengah pandemi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan tantangan yang ia alami dalam memeroleh Opini WTP pada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, diunggah Senin (31/5/2021).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan tantangan yang ia alami dalam memeroleh Opini WTP pada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, diunggah Senin (31/5/2021). (instagram/@aniesbaswedan)

Baca juga: Alasan Politisi PDIP Effendi Simbolon Usulkan Puan-Anies di Pilpres 2024: Jangan Lagi Prabowo

Hal terebut disampaikan oleh Anies lewat akun Instagram miliknya @aniesbaswedan, Senin (31/5/2021).

Anies mengatakan, pengelolaan keuangan di tengah pandemi memiliki kesulitannya tersendiri.

Karena adanya pandemi membuat Pemprov DKI harus melakukan perubahan dalam perencanaan anggaran untuk menangani pandemi Covid-19.

Anies menyebut, ada sejumlah kebutuhan yang memerlukan biaya besar dan sifatnya mendadak.

Ia mengatakan, mau tidak mau tantangan itu harus bisa dihadapi.

Anies lalu menyampaikan apresiasi terhadap jajarannya atas perolehan opini WTP untuk Pemprov DKI Jakarta.

Dirinya bahkan menyebut WTP saat ini sudah menjadi tradisi bagi Pemprov DKI.

Seperti yang diketahui, secara berturut-turut sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, DKI terus memeroleh Opini WTP dari BPK RI.

Berikut caption lengkap yang ditulis oleh Anies:

"WTP 4 tahun berturut-turut!
Kini WTP jadi tradisi bagi DKI.

Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI atas laporan keuangan tahun 2020. Ini merupakan keempat kalinya yang dapat dipertahankan secara berturut-turut, sejak tahun 2017, 2018, 2019, dan 2020. Sebuah kado awal untuk HUT ke-494 Kota Jakarta.

Mempertahankan WTP tahun ini semakin menantang, karena kita dihadapkan dengan pandemi. Mengatasi pandemi dengan baik sambil menjaga jalannya pemerintahan tetap lurus dan transparan adalah tantangan besar. Perubahan dan rasionalisasi anggaran harus dilakukan untuk menangani pandemi COVID-19. Sejumlah kebutuhan besar dan bersifat mendadak di luar rencana sebelumnya harus tetap diatasi.

Alhamdulillah, kerja keras dan niat baik ribuan orang di jajaran Pemprov DKI Jakarta kembali memberikan hasil terbaik selama empat tahun berturut-turut untuk dipersembahkan pada warga Jakarta. Apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran Pemprov DKI atas hasil membanggakan ini.

Apresiasi tinggi dan rasa terima kasih kami sampaikan juga kepada seluruh tim dari BPK. Komunikasi, konsultasi, bimbingan dan kerja sama selama ini terjalin secara baik, intensif dan objektif, sehingga membantu kami memastikan keseluruhan proses pemerintahan berjalan dengan lurus.

Perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ini bukan tujuan akhir, tetapi merupakan bagian dari proses peningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Kami berikhtiar untuk terus melaksanakan dan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

#JakartaWTPl4gi #JakartaBangkit"

Banyak warganet memberikan dukungan dalam unggahan Anies tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved