Breaking News:

Bulu Tangkis

Hasil Rapat BWF Pastikan Skor Bulu Tangkis Tetap 3 X 21, Usulan Jadi 5 X 11 Ditolak

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah mengambil keputusan menolak usulan perubahan skor dari 3x21 menjadi 5x11.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin sanjaya Sukamuljo melawan wakil China, He Ji Ting/Tan Qiang saat pertandingan babak kedua Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020). Marcus Fernaldi Gideon/Kevin sanjaya Sukamuljo menang dengan skor 21-19, 21-13. Terbaru, seluruh tim Indonesia termasuk Marcus Fernaldi dan Kevin Sanjaya dipaksa mundur dari All England Open 2021. 

TRIBUNWOW.COM - Rapat Umum Tahunan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menghasilkan keputusan menolak usulan perubahan skor dari 3x21 menjadi 5x11.

Sebelumnya, perubahan format skor bulu tangkis itu diajukan PBSI selaku induk bulu tangkis Indonesia bersama Federasi Bulu Tangkis Maladewa.

Proposal itu lalu mendapat dukungan dari Badminton Asia, Badminton Eropa, Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan, dan Asosiasi Bulu Tangkis Taiwan.

Baca juga: Dukung Usulan Pengubahan Skor 5 Game 11 Poin, Badminton Europe Siap Gabung dengan 5 Asosiasi Lainnya

Namun, BWF, dalam voting, memastikan tak ada perubahan skor menyusul hasil rapat tahunan yang dilakukan Sabtu (22/5/2021).

Dalam rapat tersebut, 66,31 persen dari total 282 suara mendukung pergantian skor, sedangkan 33,69 persen menolak.

Alhasil, usulan PBSI dan Federasi Bulu Tangkis Maladewa pun "ditolak" karena tidak memenuhi syarat, yakni mendapat persetujuan dari mayoritas dua pertiga total voters.

Dengan demikian, bulu tangkis dipastikan tetap menggunakan skor 3x21.

"Anggota kami sudah memutuskan dan meski marginnya sangat tipis, syarat dua pertiga mayoritas dari total voters tidak terpenuhi, BWF menghormati hasil untuk mempertahankan sistem penilaian tiga gim menjadi 21 poin," kata Presiden BWF Poul-Erik Hoyer.

"Ini merupakan kedua kalinya proposal semacam ini tidak disetujui, tetapi saya berterima kasih kepada semua orang atas keterlibatan mereka dalam proses ini," ujarnya.

Baca juga: Isi Permohonan Maaf BWF kepada Indonesia soal All England 2021: Satu Raksasa Bulu Tangkis Dunia

Rencana perubahan sistem skor sebelumnya juga sempat dibahas dalam rapat tahunan BWF yang digelar di Bangkok, Thailand, Mei 2018.

Namun, usulan tersebut juga ditolak karena tidak memenuhi syarat mayoritas dua per tiga dari total pemegang hak suara.

Kala itu, 129 dari 252 voters mendukung, sedangkan 123 suara menentang perubahan skor bulu tangkis menjadi 5x11 poin.

Dengan demikian, bulu tangkis dipastikan tetap menggunakan skor 3x21. (*)

Baca berita Bulu Tangkis lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rapat BWF: Usulan Jadi 5 X 11 Ditolak, Skor Bulu Tangkis Tetap 3 X 21"

Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved