Breaking News:

Vaksin Covid

Singapura Beri Vaksin Pfizer Covid-19 untuk Anak Berusia 12 hingga 15 Tahun setelah Dinyatakan Aman

Vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 telah mendapatkan izin dari Health Sciences Authority (HSA) untuk diberikan pada anak-anak.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Dokter puskesmas menyiapkan vaksin Covid-19 produk Sinovac untuk disuntikan kepada tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Pelindung Hewan, Jalan Pelindung Hewan, Kota Bandung, Jumat (29/1/2021). Vaksinasi Covid-19 kedua untuk tenaga kesehatan sudah mulai dilaksanakan secara bertahap, namun masih banyak tenaga kesehatan yang baru menjalani penyuntikan dosis pertama karena hambatan terkait database dan aplikasi. 

TRIBUNWOW.COM - Vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 telah mendapatkan izin dari Health Sciences Authority (HSA) untuk diberikan pada anak-anak.

Dikutip TribunWow.com dari Channelnewsasia, di Singapura vaksin Covid-19 itu juga telah diberikan pada anak-anak, Selasa (18/5/2021).

Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengatakan anak-anak dengan rentang usia 12-15 tahun telah mendapatkan Vaksin Pfizer.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Ini Link dan Cara Daftarnya, Dibuka hingga 21 Mei 2021

Asisten Rumah Tangga (ART) terlihat menggelar tikar berpiknik di Taman Merlion, Marina Bay dengan jumlah maksimum 2 orang pada hari pertama pemberlakuan lockdown parsial Singapura (16/5/2021).
Asisten Rumah Tangga (ART) terlihat menggelar tikar berpiknik di Taman Merlion, Marina Bay dengan jumlah maksimum 2 orang pada hari pertama pemberlakuan lockdown parsial Singapura (16/5/2021). (KOMPAS.com/ERICSSEN)

Vaksin tersebut juga diberikan pada usia lanjut mulai dari 40 hingga 44 tahun.

Vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 sebelumnya hanya diberikan kepada mereka yang berusia 16 tahun ke atas.

Hal itu sesuai dengan otorisasi sementara HSA saat bulan Desember 2020 silam.

Saat itu data anak di bawah usia 16 tahun belum diizinkan.

Baca juga: Lengan Terasa Nyeri dan Pegal seusai Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan Ahli

"Kedua tim telah menilai bahwa vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 menunjukkan kemanjuran dan keamanan yang tinggi untuk kelompok usia 12 hingga 15 tahun," kata Ong.

"Hal ini konsisten dengan yang kami amati untuk populasi orang dewasa," tambahnya.

Kementerian Kesehatan (MOH) akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan (MOE) dalam program vaksinasi untuk kelompok usia sekolah.

Ini adalah vaksin Covid-19 pertama yang diizinkan untuk digunakan di Singapura untuk kelompok usia ini.

Dalam penilaiannya, komite ahli vaksinasi Covid-19 mempertimbangkan keamanan, dan kemanjuran untuk kelompok usia ini.

“Data menunjukkan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 menunjukkan kemanjuran tinggi yang konsisten dengan yang diamati pada populasi orang dewasa," tambah Ong.

Dalam siaran pers terpisah pada hari Selasa, HSA mengatakan bahwa Pfizer dan BioNTech mengajukan permohonan untuk memperpanjang penggunaan vaksin bagi mereka yang berusia 12 hingga 15 tahun. (TribunWow.com/ Tiffany Marantika)

Berita lainnya terkait Vaksin

Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved