Breaking News:

Gibran Wali Kota Solo

Gibran Dinilai Punya Kelebihan yang Tak Dipunya Kepala Daerah Lain, Hubungan dengan Jokowi Disorot

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Wali Kota Solo pada Jumat (26/2/2021).

Instagram @gibran_rakabuming
Gibran Rakabuming Raka saat berkunjung ke rusunawa Mojo Blok A dan B, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (20/10/2020). Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Wali Kota Solo pada Jumat (26/2/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Wali Kota Solo pada Jumat (26/2/2021).

Sebelumnya, analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka memiliki setidaknya tiga kelebihan yang belum tentu dimiliki kepala daerah lain di Indonesia.

Pangi menyebut, kelebihan pertama Gibran ialah memiliki mentor seorang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Gibran langsung punya mentor seorang presiden, yang bagaimana beliau pernah membangun Kota Solo," ungkap Pangi dalam program Overview Tribunnews.com, Kamis (18/2/2021).

Calon Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka saat blusukan perdana di perumahan Banyuagung, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Senin (21/12/2020).  Ia membantah soal ikutan dalam pengadaan bansos Kemensos
Calon Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka saat blusukan perdana di perumahan Banyuagung, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Senin (21/12/2020). Ia membantah soal ikutan dalam pengadaan bansos Kemensos (Tribun Solo)

 

Baca juga: Total Harta Kekayaan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Capai Puluhan Miliar di Usia 33 Tahun

Kelebihan kedua menurut Pangi, Gibran memiliki dukungan kuat di DPRD Kota Solo yang dikuasai PDIP.

"Sehingga hampir menurut saya, tidak akan terlalu kesulitan untuk membuat program, memuluskan tujuan politik atau tujuan kesejahteraan."

"Karena DPRD Solo pasti akan tegak lurus mendukung penuh Wali Kota Solo, karena kursi di DPRD dikuasai penuh," kata Pangi.

Selain dua kelebihan tersebut, Pangi juga menyebut satu kelebihan lain.

Yaitu, kepala daerah lain belum tentu memiliki akses akses kekuasaan.

"Artinya apapun program yang dibawa dari pusat, hampir tidak ada kendala yang terlalu sulit, karena punya hubungan yang cukup bagus akses kekuasaannya," ungkap Pangi.

Baca juga: Tak Ada Mobil Dinas Baru untuk Gibran sebagai Wali Kota Solo, Gunakan Sedan Hitam yang Dibeli 2012

Sehingga, kata Pangi, kelebihan yang dimiliki Gibran harusnya bisa berdampak terhadap percepatan peningkatan kesejahteraan di Kota Solo.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved