Breaking News:

Banjir Jakarta

Kadis Sumber Daya Air Baru yang Ditunjuk Anies Baswedan Janji akan Kendalikan Air dari Hulu

Beberapa hari setelah banjir di DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti Kepala Dinas Sumber Daya Air.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
BANJIR JAKARTA - Sejumlah kendaraan terjebak banjir di Jalan Buncit Raya, Pejaten, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Hujan lebat yang mengguyur Jakarta sejak dini hari, membuat sejumlah jalanan di Ibukota terendam banjir. Salah satunya di Jalan Buncit Raya, akses jalan tersebut lumpuh. 

TRIBUNWOW.COM - Beberapa hari setelah banjir di DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti Kepala Dinas Sumber Daya Air.

Anies melantik Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang baru pada Selasa (23/2/2021) ini.

Anies menunjuk Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal Samad sebagai kepala dinas yang baru, menggantikan Juaini Yusuf yang didemosi menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Utara.

Yusmada Faizal saat memberikan penjelasan mengenai proyek Transjakarta koridor XIII (Tendean-Ciledug) di Kantor Bina Marga, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2017).
Yusmada Faizal saat memberikan penjelasan mengenai proyek Transjakarta koridor XIII (Tendean-Ciledug) di Kantor Bina Marga, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2017). (KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)

Baca juga: Sebut Anies Harus Minta Maaf karena Gagal Cegah Banjir Jakarta, Faldo Maldini: Jelas Tidak Kompeten

Baca juga: Tegur Pernyataan Anies Samakan Banjir dengan Gempa, PUPR Sebut Pemprov DKI Tak Kerjakan Tugasnya

Ada harapan besar Anies terhadap Kepala Dinas SDA yang baru agar Dinas SDA bisa mengelola air di musim hujan yang sedang berlangsung saat ini.

"Kita sama-sama menghadapi musim hujan, khusus kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air yang telah ada pengalaman, jika sudah mendapatkan amanat, untuk segera mengorganisir kekuatan kita dalam menanggulangi musim penghujan. Segera pastikan pengelolaan kita di sana berjalan dengan sebaik-baiknya," kata Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021).

Seusai dilantik, Yusmada mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin mengendalikan air yang masuk ke wilayah Ibu Kota.

"Kami mengendalikan air yang datang ke Jakarta ini dan merevitalisasi polder-polder dan membangun polder baru," kata Yusmada, dikutip dari Tribunnews.com.

Yusmada mengatakan, selain meneruskan program normalisasi dan naturalisasi, dia juga akan membangun waduk untuk mengendalikan debit air yang datang dari hulu sungai.

"Akan kami bangun terus aliran dari hulu, kami akan coba kendalikan debitnya melalui pembangunan waduk-waduk, (untuk banjir rob) akan bangun tanggul pantai meneruskan yang tahun kemarin," kata Yusmada.

Nama Yusmada sudah tak asing lagi sebagai pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Pada 2017, Yusmada menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Baca juga: Sebut Banjir Tak Berdampak Aktivitas Ekonomi Jakarta, Anies Baswedan: Berjalan Tanpa Ada Gangguan

Yusmada kemudian dipromosikan menjadi Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Jakarta.

Empat hari sebelum dilantik menjadi Kepala Dinas SDA, Yusmada mengeluarkan pernyataan terkait penyebab banjir di sejumlah wilayah Jakarta yang disebabkan oleh hujan intensitas tinggi.

"Poinnya hujan sangat lebat, sangat merata dengan intensitas dari lebat, sangat lebat, sampai ekstrim," kata Yusmada, Jumat (18/2/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Anies Ganti Kadis Sumber Daya Air Pasca-banjir, Pejabat Baru Janji Kendalikan Air dari Hulu

Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Editor: Claudia Noventa
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved