Breaking News:

Terkini Nasional

Mahfud MD: Kamu Seorang Pejabat atau Siapapun Dipanggil oleh Polisi Itu Tidak Usah Panik

Mahfud MD meyakini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil tidak akan mendapat persoalan hukum pidana

KOMPAS.com/Dian Erika
Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. Terbaru, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meyakini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil tidak akan mendapat persoalan hukum pidana jika tidak ada kesengajaan terkait kasus kerumunan yang dihadiri Rizieq Shihab usai memberi keterangan di Polda Jabar. 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meyakini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil tidak akan mendapat persoalan hukum pidana jika tidak ada kesengajaan terkait kasus kerumunan yang dihadiri Rizieq Shihab usai memberi keterangan di Polda Jabar.

Ia mengatakan permintaan keterangan terhadap pejabat merupakan proses hukum biasa.

Hal tersebut disampaikan Mahfud menanggapi pernyataan Emil yang meminta pertanggung jawaban terkait kasus kerumunan di tengah pandemi yang dihadiri Rizieq Shihab.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan).
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan). (Kolase/Instagram/@mohmahfudmd/@humas_jabar)

"Jadi saya yakin seyakinnya tidak akan ada masalah hukum pidana terhadap Pak Anies terhadap Pak Emil, dan cuma diminta keterangan aja."

"Anda pada saat itu ada di mana? Anda mendengar atau tidak bahwa ada ini."

"Menurut informasi yang masuk berapa? Cuma begitu saja. Apakah mereka minta izin gitu?"

Baca juga: Saling Jawab Ridwan Kamil dan Mahfud MD terkait Pihak yang Bertanggungjawab soal Kasus Habib Rizieq

"Sehingga kalau tidak ada kesengajaan untuk itu, tidak ada tindak pidana," kata Mahfud pada Rabu (17/12/2020).

Mahfud juga meminta agar para pejabat tidak perlu panik jika dimintai keterangan oleh polisi.

Setelah mengungkapkan pengalamannya dipanggil atau dengan kesadaran memberi keterangan terhadap polisi dan penegak hukum selama menjadi pejabat negara, Mahfud mengatakan pemanggilan polisi punya tujuan bermacam-macam.

"Kamu seorang pejabat atau siapapun dipanggil oleh polisi itu tidak usah panik, karena dipanggil itu ada bermacam-macam satu karena ingin diperiksa, dua karena dimintai keterangan," kata Mahfud.

(Tribunnews.com/Gita Irawan)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mahfud MD Yakin Tak Ada Masalah Hukum Pidana Terhadap Anies dan Ridwan Kamil Terkait Kerumunan

Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved