Idul Adha 2020

Tata Cara serta Bacaan Niat Salat Idul Adha 2020, Lengkap dengan Terjemahan dan Arabnya

Berikut bacaan niat dan tata cara salat Idul Adha atau hari raya Kurban, dilengkapi tulisan Arab dan terjemahan selengkapnya.

Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi - Umat Islam saat melaksanakan shalat jumat dengan menerapkan jarak fisik pada hari pertama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Berikut bacaan niat dan tata cara salat Idul Adha atau hari raya Kurban, dilengkapi tulisan Arab dan terjemahan selengkapnya.

Hari Raya Idul Adha 1441 H akan jatuh pada Jumat 31 Juli 2020.

Bagi umat Islam yang ingin mengikuti salat Idul Adha di Hari Raya Kurban nanti, tak ada salahnya mengingat kembali niat dan tata cara pelaksanaannya, sesuai dengan ajaran agama Islam.

 Penetapan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kemenag Gelar Sidang Isbat 21 Juli 2020

Suasana Salat Jumat di Masjid Al Hikmah dengan menerapkan physical distancing, di kawasan Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/6/2020). Usai kurang lebih dua bulan tidak mengadakan ibadah salat berjemaah, Masjid Al Hikmah menggelar lagi Salat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai SE Menteri Agama No 15 Tahun 2020, yang mengatur tentang panduan kegiatan ibadah di era menyambut new normal, di mana masyarakat akan kembali bisa menyelenggarakan ibadah di tempat layanan ibadah.
Suasana Salat Jumat di Masjid Al Hikmah dengan menerapkan physical distancing, di kawasan Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/6/2020). Usai kurang lebih dua bulan tidak mengadakan ibadah salat berjemaah, Masjid Al Hikmah menggelar lagi Salat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai SE Menteri Agama No 15 Tahun 2020, yang mengatur tentang panduan kegiatan ibadah di era menyambut new normal, di mana masyarakat akan kembali bisa menyelenggarakan ibadah di tempat layanan ibadah. (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

Tata cara salat Idul Adha dengan salat Idul Fitri, sebenarnya sama.

Bedanya hanya terletak pada bacaan niatnya.

Simak tata cara salat Idul Adha berikut, bersumber dari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), nomor 28 tahun 2020, tentang Idul Fitri.

Tata Cara salat Idul Adha Berjamaah

Sebelum salat, disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.

- salat dimulai dengan menyeru “ash-shalâta jâmi‘ah”, tanpa azan dan iqamah.

- Memulai dengan niat salat Idul Adha, yang jika dilafalkan berbunyi;

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved