Terkini Nasional

Polemik PPDB 2020, Mulai dari Kontroversi Batas Usia di DKI hingga Kekurangan Pendaftar di Jember

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 mengalami banyak kendala di berbagai daerah, mulai dari

TRIBUNWOW.COM - Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 secara online mengalami banyak kendala berbeda di berbagai daerah di Indonesia.

Mulai dari kota metropolitan hingga daerah pelosok mengalami kendala yang berbeda-beda dalam pelaksanaan PSBB tahun ini.

Berikut ini adalah sejumlah permasalahan yang terjadi seputar pelaksanaan PPDB online 2020.

Ratusan orang tua murid yang tergabung dalam Forum Relawan PPDB DKI 2020 melakukan unjuk rasa menolak sistem pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di wilayah DKI Jakarta, di depan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta Pusat, Senin (29/6/2020). Para pengunjuk rasa menolak pemberlakuan seleksi PPDB berdasarkan usia di semua jalur seleksi. Warta Kota/Nur Ichsan
Ratusan orang tua murid yang tergabung dalam Forum Relawan PPDB DKI 2020 melakukan unjuk rasa menolak sistem pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di wilayah DKI Jakarta, di depan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta Pusat, Senin (29/6/2020). Para pengunjuk rasa menolak pemberlakuan seleksi PPDB berdasarkan usia di semua jalur seleksi. Warta Kota/Nur Ichsan (Warta Kota/Nur Ichsan)

1. Kisruh Batas Usia di DKI

Banyak orangtua murid di Ibu Kota protes terhadap pelaksanaan PPDB DKI Jakarta 2020.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/6/2020), para orangtua murid merasa keberatan akan penerimaan PPDB 2020/2021 lewat jalur zonasi.

Mekanisme PPDB lewat jalur zonasi di DKI dianggap memprioritaskan calon siswa yang berusia lebih tua.

Ketika pendaftaran jalur zonasi dibuka pada Kamis (25/6/2020) lalu banyak calon siswa berusia muda kalah saing oleh calon siswa yang berusia lebih tua.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait memaparkan sejumlah hal janggal dalam PPDB di Jakarta.

Pertama adalah kuota zonasi yang diperkecil.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved