Virus Corona

COVAXIN, Vaksin Covid-19 Pertama Buatan India yang akan Diuji ke Manusia

India telah berhasil mengembangkan vaksin Covid-19 yang rencananya akan dilakukan uji klinis terhadap manusia di bulan Juli nanti.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi vaksin Covid-19 buatan India. 

TRIBUNWOW.COM - Vaksin Covid-19 pertama buatan India itu akhirnya mendapat persetujuan dari pengawas obat-obatan India untuk menguji vaksin langsung ke manusia di bulan Juli nanti.

Vaksin bernama COVAXIN itu dikembangkan oleh Bharat Biotech company, sebuah perusahaan yang terletak di Genome Valley, Hyderabad, India.

Bharat Biotech diizinkan untuk menggelar tahap 1 dan tahap 2 uji klinis ke manusia setelah hasil uji pre klinis vaksin menunjukkan hasil yang aman.

Peringatkan Vaksin Virus Corona Tak Menjamin Kekebalan, Ahli Virologi: Tidak akan Menyembuhkan Semua

Dikutip dari bbc.com, Selasa (30/6/2020), kedua tes itu nantinya ditujukan untuk mengetahui apakah vaksin yang bersangkutan aman digunakan atau tidak.

Selain mengembangkan vaksin untuk Covid-19, Bharat Biotech sebelumnya juga telah mengembangkan vaksin untuk H1N1 dan rotavirus.

Tidak dijelaskan ada berapa orang yang akan diuji dengan vaksin buatan India ini.

Vaksin bernama COVAXIN ini dikembangkan dengan cara mengambil sebuah strain virus yang kemudian diisolasi dan dilemahkan di sebuah laboratorium.

Selain vaksin dari India, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Indonesia juga telah memasuki uji klinis.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan PT Kalbe Farma Tbk dan perusahaan asal Korea Selatan, Genexine Inc, mulai memasuki tahap uji klinis.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, proses uji klinis fase pertama sudah dimulai pada bulan Juni 2020 ini di Korea Selatan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved