Virus Corona

Dokter Beberkan Gejala hingga Cara Cegah Covid-19 pada Anak-anak: Tetap Berada di Rumah

Dokter Endrotomo Sumargono menjelaskan bagaimana cara pencegahan Covid-19 terhadap anak-anak.

Capture YouTube KompasTV
Direktur Rumah Sakit Santo Carolus, Jakarta, Dokter Endrotomo Sumargono saat menjadi narasumber dalam program Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Rabu (24/6/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Direktur Rumah Sakit Santo Carolus, Jakarta, Dokter Endrotomo Sumargono memberikan penjelasannya bagaimana cara pencegahan Covid-19 terhadap anak-anak.

Dilansir TribunWow.com, hal itu disampaikan Endrotomo Sumargono saat menjadi narasumber dalam program Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Rabu (24/6/2020).

Mulanya, pembawa acara membacakan pertanyaan dari warganet soal pencegahan hingga cara mengetahui gejala Covid-19 pada anak-anak.

"Dokter, bagaimana cara pencegahan virus covid ini tidak tertular ke anak-anak? Dan bagaimana cara mengetahui gejala,jika anak kami terpapar oleh virus ini?" tanya pembawa acara.

UPDATE Virus Corona di Indonesia Rabu 24 Juni 2020: Tambah 1.113, Jumlah Kasus Positif Capai 49.009

Menanggapi hal itu, Endrotomo Sumargono mengatakan gejala yang ditimbulkan Virus Corona memang banyak, seperti sesak napas hingga diare.

"Memang pada saat ini bahwa Covid-19 menimbulkan gejala yang beraneka ragam, sehingga selalu muncul dengan gejala pernapasan, gejala muntah, mual, diare," jelas dia.

Oleh karena itu, Endrotomo Sumargono menyarankan agar para orangtua melakukan tindakan pencegahan Covid-19, yakni dengan menyuruh anak-anak untuk tetap berada di rumah.

"Sehingga hal itu sulit untuk mendeteksi pada anak, jadi yang paling baik adalah bagaimana kita melindungi supaya anak tidak terpapar dengan tetap berada di rumah," kata dia.

Endrotomo Sumargono menambahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menyarankan agar anak-anak tetap di rumah.

Klaim Berjasa Tekan Penyebaran Virus Corona di Perbatasan, Trump Kunjungi Arizona di Tengah Pandemi

Jika terpaksa harus keluar rumah, kata dia, anak-anak harus tetap memakai masker atau face shield.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: Kompas TV
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved