Virus Corona

Demi Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendikbud Minta Pemda Terapkan PPDB 2020 secara Daring

Kemendikbud menetapkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi. Orangtua mendampingi anaknya melakukan proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 di SMA Negeri 5, Jalan Belitung, Kota Bandung, Senin (9/7/2018). Pendaftaran PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019 tingkat SMA/SMK dilaksanakan pada 5 hingga 10 Juli 2018. 

TRIBUNWOW.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan Chatarina Muliana Girsang, pada acara Bincang Sore secara daring, di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Chatarina mengatakan sebanyak 10,9 juta calon peserta didik diproyeksikan akan mengikuti PPDB 2020.

Tanggapi Tahun Ajaran Baru yang Dimulai 13 Juli 2020, KPAI: Orang Tua Menolak, Murid Setuju

Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar pelaksanaaan PPDB tahun ini dilakukan secara daring atau online.

Untuk mekanismenya, kata Chatarina, Pemerintah Daerah (Pemda) dan sekolah akan merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

“PPDB tetap dilakukan tetapi kita dorong secara daring. Kalau tidak bisa secara daring, maka bisa secara kehadiran,” jelas dia seperti dikutip TribunWow.com dari laman setkab.go.id, Jumat (29/5/2020).

Lebih lanjut, Chatarina memberikan mekanisme tersendiri bagi sekolah yang melaksanaan PPDB secara luring.

Kemendikbud, jelas dia, mewajibkan sekolah untuk memberikan pengumuman agar peserta yang mendaftar mengikuti protokol kesehatan satu di antaranya para calon peserta didik wajib menggunakan masker.

“Tetapi protokol kesehatan itu harus dilaksanakan dengan ketat harus pakai masker, harus ada tempat cuci tangan, pembersih tangan (hand sanitizer), disinfektan dan seterusnya. Kemudian jaga jarak itu harus dilakukan,” imbuh Chatarina.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Penumpang KRL akan Dilarang Ngobrol dan Telepon di Gerbong

Sekolah Bisa Minta Bantuan Teknis untuk PPDB Daring

Siswa belajar dari rumah didampingi orangtua, Selasa (31/3/2020).
Siswa belajar dari rumah didampingi orangtua, Selasa (31/3/2020). (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved