Virus Corona

Sebut Sekolah Belum Siap Jalankan New Normal terkait Corona, KPAI: Berpotensi Menjadi Kluster Baru

Komisioner KPAI, Retno Listyarti meminta pemerintah untuk tidak gegabah dalam menerapkan kehidupan New Normal, khususnya untuk lingkup sekolah.

Youtube/metrotvnews
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti memberikan tanggapannya soal rencana pemberlakukan kehidupan New Normal di tengah pandemi Virus Corona, khususnya untuk lingkup sekolah. 

TRIBUNWOW.COM - Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti meminta pemerintah untuk tidak gegabah dalam menerapkan kehidupan New Normal, terlebih untuk lingkup sekolah.

Dilansir TribunWow.com, untuk pembukaan sekolah rencananya akan dilakukan pada fase ketiga New Normal yakni pada 15 Juni 2020.

Menurutnya, sekolah dinilai masih belum siap untuk menjalankan New Normal dalam waktu dekat.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mempertanyakan kesiapan membuka kembali sekolah dalam rangka new normal, Rabu (27/5/2020).
Komisioner KPAI Retno Listyarti mempertanyakan kesiapan membuka kembali sekolah dalam rangka new normal, Rabu (27/5/2020). (Capture YouTube Metro TV News)

 

4 Arahan Jokowi soal Persiapan Pelaksanaan Protokol New Normal: Kalau Efektif, Kita Perluas Lagi

Alasannya karena melihat risiko dan data kasus Corona di Indonesia yang masih tergolong tinggi.

Retno Listyarti kemudian mengungkapkan ada beberapa kendala yang akan dihadapi ketika memaksakan siswa untuk kembali ke sekolah.

Ia mempertanyakan bagaimana langkah yang bisa dilakukan sekolah untuk penerapan protokol kesehatan guna memperlakukan dan mengatur siswa yang sifatnya masih anak-anak.

Dirinya kemudian menggambarkan kondisi kerumunan yang akan terjadi di sekolah, khususnya di kantin.

Retno juga menanyakan apakah siswa benar-benar bisa disiplin untuk melakukan physical distancing, termasuk menggunakan masker.

Menurutnya, hal itu tentunya akan sulit untuk dipantau dan dikendalikan.

Ia lantas menyinggung kasus yang terjadi pada orang dewasa, seperti yang diketahui masih banyak yang melanggar, apalagi untuk anak-anak.

Gugus Tugas Keluarkan 3 Indikator bagi Daerah untuk Bisa Terapkan New Normal saat Corona

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Elfan Fajar Nugroho
Editor: Ananda Putri Octaviani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved