Terkini Nasional

Masih Antisipasi Arus Balik, Polda Metro Jaya Ungkap Berhasil Putar Balikkan 40 Ribu Lebih Kendaraan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa pihaknya sudah berhasil memutar balik puluhan ribu kendaraan.

Channel YouTube Kompas TV
Dalam acara Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Senin (25/5/2020), Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa pihaknya sudah berhasil memutar balik puluhan ribu kendaraan. 

TRIBUNWOW.COM - Pihak kepolisian di Jabodetabek kini tengah sibuk menghalau arus balik pemudik menuju Ibu Kota.

Dalam acara Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Senin (25/5/2020), Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa pihaknya sudah berhasil memutar balik puluhan ribu kendaraan.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, dalam 30 hari Polda Metro Jaya berhasil memutar balikkan pemudik hingga 40 ribu lebih.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat menjadi narasumber di Sapa Indonesia Malam KompasTV, Senin (25/5/2020).
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat menjadi narasumber di Sapa Indonesia Malam KompasTV, Senin (25/5/2020). (YouTube KompasTV)

Sebut Pemudik Berkurang hingga 80 Persen Dibanding Tahun Lalu, Kombes Sambodo: Penyekatan Berhasil

"Iya pertama selama sudah tiga puluh hari kita melaksanakan operasi ketupat pelarangan mudik."

"Untuk di Polda Metro Jaya sendiri dari 18 titik penyekatan, dua di tol 16 di arteri itu ada sekitar 40 ribu lebih yang sudah kita putar balikkan," ujar Sambodo.

Sambodo menjelaskan puncak mudik pada 2020 terjadi pada lima hari sebelum lebaran pada Minggu (24/5/2020).

"Perkembangan pesat karena memang sesuai dengan perkiraan ini adalah puncak arus mudik dalam tanda kutip puncak keinginan masyarakat pemudik ada di H-4, H-3, H-2 itu sekitar 4 ribu kendaraan di H-4, H-3 5 ribu kendaraan, H-2 4 ribu kendaraan yang kita putar balikkan," jelasnya.

Anies Minta Pemudik di Tengah Pandemik Covid-19 Tak Kembali ke Jakarta: Transisi Menuju Normal Baru

Sedangkan, selama Lebaran pada Minggu-Senin (24-25/5/2020), Sambodo menjelaskan berhasil memutar balikkan 2 ribu kendaraan di titik Cikarang Barat.

"Dan juga selama dua hari lebaran ini tanggal 24 dan 25 itu tiap hari rata-rata sekitar 2 ribu kendaraan yang kita putar balikan yang hanya di titik Cikarang Barat saja," katanya.

Selain itu, Sambodo mengatakan pihaknya juga sudah berhasil memutar balikkan ratusan travel gelap.

"Kemudian untuk sampai dengan saat ini travel gelap yang sudah kita amankan ada kurang lebih sekitar 671 travel dengan ribuan penumpang."

"Dan Alhamdulillah 30 hari sudah banyak juga yang sudah kita putar balikkan," kata dia.

Singgung Masa Akhir PSBB Bersamaan Arus Mudik dan Arus Balik, Anies: Situasi yang Cukup Unik

Lihat videonya mulai menit ke-4:40:

Ikuti kami di
Penulis: Mariah Gipty
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved