Virus Corona

Cerita Tenaga Medis Wisma Atlet yang Tetap Bertugas saat Lebaran: Untuk Keluarga, Salam Rindu Saya

Para relawan seperti tenaga medis, hingga aparat kepolisian tetap siap sedia merawat pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ILUSTRASI - Petugas medis bersiap mengambil sample darah pengemudi angkutan umum saat Rapid Test COVID-19 secara Drive-Thru di Halaman Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengadakan Rapid Test bagi pengemudi angkutan umum untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19. 

TRIBUNWOW.COM - Para relawan seperti tenaga medis, hingga aparat kepolisian tetap siap sedia merawat pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hiriyah, Minggu (24/5/2020).

Mereka harus merelakan waktu berkumpul bersama keluarga saat lebaran dan tetap bertugas di lokasi bagi pasien positif, ODP dan PDP Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif.

Seperti perjuangan yang dilakukan oleh Letda Ckm dr. Ibnu Fauzi Rasyidi sebagai tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. 

Mayjen TNI Salut Lihat Kegigihan Tenaga Medis Habiskan Lebaran Lawan Corona: Enggak Ada Hari Libur

Pada Lebaran hari pertama, Minggu (24/5/2020), Dokter Ibnu melakukan silaturahim Idul Fitri kepada keluarga dengan cara video call.

"Untuk keluarga, salam rindu dari saya, mohon doanya agar kami diberi perlindungan dan kemudahan selama penugasan disini. Tetap jaga diri selama wabah ini berlangsung", kata dia sebagaimana dikutip dari keterangan pers Wapanggasgabpad RSD Wisma Atlet Kemayoran, Senin (25/5/2020).

Dokter asal Jawa Timur ini juga berpesan kepada masyarakat luas untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan selama wabah Covid-19 ini berlangsung.

"Hindari kumpul-kumpul terlebih dahulu, pakai masker, perhatikan kebersihan dan jaga kesehatan. Tetap semangat, tetap gembira, sebab dengan bersama-sama kita bisa memberantas wabah Covid-19," tegas dia.

Bersilaturahim secara daring juga dikakukan Mili (23).

Pesan Prabowo Subianto untuk Tenaga Medis yang Tetap Berjuang saat Lebaran: Doa dan Dukung Kalian

Relawan Kementerian Kesehatan yang berasal dari Bekasi ini pun tak bisa berkumpul bersama keluarga.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap memakai masker dan tetap dirumah saja untuk Lebaran ini. Tidak perlu ketemu orangtua, cukup dengan menggunakan HP android, bisa video call dengan keluarga besar," kata dia.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat Indonesia yang terpaksa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Seharian Hadapi Corona, Tenaga Medis di Wisma Atlet Cerita Suasana Lebaran: Di Kamar Masing-masing

Setiap tahun, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Namun, akibat pandemi Covid-19 ini pemerintah membuat peraturan Pembatasan Soaial Berskala Besar (PSBB).

Pemerintah juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan dalam rangka pencegahan penyeberan serta pemutusan rantai penularan Covid-19 ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cerita Tenaga Medis Lebaran di Rumah Sakit, Bukan dengan Keluarga...

Ikuti kami di
Editor: Ananda Putri Octaviani
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved