Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Besok, Sabtu 23 Mei: 7 Wilayah Ini Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Sabtu (23/5/2020).

bmkg.go.id
Ilustrasi prakiraan cuaca oleh BMKG. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Sabtu (23/5/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Sabtu (23/5/2020).

BMKG juga memberikan gambaran peta potensi gelombang tinggi untuk beberapa daerah di Indonesia.

Dilansir TribunWow.com dari laman resmi BMKG, sejumlah wilayah seperti Riau hingga Papua Barat berpotensi hujan lebat.

Sedangkan sebagian wilayah lain seperti Jambi, Gorontalo, hingga Maluku berpotensi hujan petir disertai angin kencang.

60 Quotes Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Lebaran 1441 H/2020, Cocok Dibagikan di WA, IG, FB

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

BMKG mengungkapkan, Siklon Tropis MANGGA terpantau di Samudera Hindia barat Daya Bengkulu (sekitar 1220 km sebelah barat Daya Bengkulu) yang berkekuatan 65 km/jam (35kt) di tekanan 995 hPa dengan arah gerak ke Tenggara (bergerak menjauhi wilayah Indonesia) diperkirakan intensitasnya masih akan menguat dalm 24 jam ke depan.

Siklon Tropis MANGGA ini secara tidak langsung berdampak terhadap pembentukan konvergensi memanjang dari Banten hingga perairan Selatan Banten serta belokan angin di sekitar Pesisir barat Sumatera sehingga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Siklon Tropis MANGGA juga mampu menginduksi peningkatan kecepatan angin di sekitar sistem yakni di sepanjang perairan Barat Sumatera dan di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera yang berdampak pada
peningkatan ketinggian gelombang.

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di perairan Selatan Bali yang membentuk konvergensi memanjang di NTT bag Timur dan di perairan Selatan NTB, yang mampu meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah siklonik dan konvergensi tersebut.

Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Laut Natuna bag Barat, di Kalimantan Utara bag Timur, dari SulawesiTengah hingga Gorontalo, di Laut Arafuru dan dari Papua Barat hingga Papua.

Bupati Ogan Ilir Pecat 109 Tenaga Medis karena Mogok Kerja 5 Hari: Kita Cari yang Baru

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved