Virus Corona

Apakah Virus Corona Bisa Kambuh secara Berulang? Ini Penjelasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Apakah seseorang yang sudah sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 bisa kambuh lagi. Simak penjelasan dokter.

Capture YouTube KompasTV
Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Ika Fitriana (kanan) memberikan penjelasannya apakah seseorang yang sudah sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 bisa kambuh lagi. 

TRIBUNWOW.COM - Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Ika Fitriana memberikan penjelasannya apakah seseorang yang sudah sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 bisa kambuh lagi.

Dilansir TribunWow.com, hal itu disampaikan dr Ika Fitriana saat menjadi narasumber dalam program Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Selasa (12/5/2020).

Mulanya, presenter membacakan pertanyaan dari warganet dengan akun @arageahidayat yang ditujukan pada dr Ika Fitriana.

UPDATE Virus Corona di Indonesia: Bertambah 484 Orang, Kasus Positif Kini Jadi 14.749

"Apakah Virus Corona bisa kambuh secara berulang," tanya akun @arageahidayat yang dibacakan pembawa acara.

Menanggapi hal itu, Ika Fitriana mengatakan hingga saat ini para ahli masih melakukan penelitian soal kemungkinan seseorang yang dapat terserang Virus Corona kembali atau kambuh.

Ika Fitriana mengatakan ada kasus pasien yang sembuh dari Covid-19, lalu setelah di tes menggunakan polymerase chain reaction (PCR), orang itu dinyatakan positif lagi.

"Sampai saat ini para ahli masih meneliti, memang ada beberapa kasus yang diikuti sudah sembuh lalu diperiksa lagi dan ternyata ada PCR-nya yang positif lagi, terdeteksi lagi virusnya," ujar dia.

Harun Masiku Diyakini Sudah Meninggal, MAKI Bandingkan China yang Mudah Tangkap Koruptor saat Corona

Meski demikian, Ika Fitriana memberikan kabar baik bahwa tubuh manusia bisa memproduksi imun yang bisa menangkal Virus Corona.

"Namun demikian, kabar baiknya, tubuh kita juga membentuk Imunoglobulin, jadi antibodi kita juga sudah terbentuk. Sehingga kita memiliki daya tahan tubuh yang cukup untuk melawan virus tersebut," kata Ika Fitriana.

"Jadi walaupun beberapa kasus menunjukkan ada lagi virusnya, tetapi tidak bergejala, dan tidak menimbulkan dampak. Karena kita sudah memiliki daya tahan tubuh yang cukup," imbuh dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Ananda Putri Octaviani
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved