Puasa Ramadan 2020

Beredar Narasi Menag Izinkan Masjid Gelar Salat Tarawih dan Buka Puasa Bersama, Kominfo: Tidak Benar

Narasi yang menyebutkan bahwa Menag Fachrul Razi mengizinkan masjid menggelar pelaksanaan salat Tarawih dan buka puasa di Ramadan 2020 tidak benar.

Muhammad Rizki Hidayat/Tribun Jakarta
Menteri Agama Fachrul Razi (tengah), saat diwawancarai awak media, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat pagi (13/3/2020) 

TRIBUNWOW.COM - Beredar sebuah narasi di media sosial WhatsApp yang menyebutkan bahwa Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan masjid menggelar pelaksanaan salat Tarawih dan buka puasa bersama pada Ramadan 2020 ini.

Tak hanya itu saja, dalam narasi yang beredar disebut juga Fachrul Razi mengingatkan agar tetap menjaga kebersihan dan kewaspadaan.

Dikutip TribunWow.com dari laman Kominfo.go.id, Selasa (7/4/2020) narasi yang beredar itu tidak benar.

Panduan Lengkap Ibadah Puasa Ramadan dan Idul Fitri 2020 di Tengah Wabah Virus Corona dari Kemenag

"Faktanya, Klaim bahwa Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan masjid menggelar pelaksanaan shalat Tarawih dan buka bersama pada Ramadan tahun 2020 ini, tidak benar," tulis Kominfo.

Kominfo menegaskan bahwa Menag yang mengizinkan masjid menggelar pelaksanaan shalat Tarawih dan buka bersama pada Ramadan tahun 2020 itu dipublikasikan pada 13 Maret 2020 lalu.

"Video wawancara Menag Fachrul Razi yang viral di aplikasi percakapan WhatsApp merupakan video yang dipublikasikan pada 13 Maret 2020 lalu. Kini, Menag Fachrul Razi memberikan imbauan terbaru bagi masyarakat yang menjalankan ibadah Ramadan di tengah pandemi Covid-19," tulis Kominfo.

Hal itu diwujudkan dalam surat edaran yang diterbitkan Kementerian Agama mengenai panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di tengah pandemi Covid-19.

"Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan Syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19," kata Fachrul seperti dikutip dari Kompas.com.

Berikut Panduan Ibadah Puasa Ramadan 2020 dan Idul Fitri saat Wabah Virus Corona dari Kemenag

Fachrul mengatakan, selain ibadah Ramadan dan Idul Fitri, surat edaran juga mengatur tentang panduan pengumpulan dan penyaluran zakat.

Terdapat 15 poin yang diatur, mulai dari pelaksanaan sahur, tarawih, tadarus, buka puasa, hingga peringatan Nuzulul Qur'an.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Atri Wahyu Mukti
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved