Breaking News:

Virus Corona

Anies Baswedan Ingin Golongan Rentan Corona Segera Didata: Kondisi di Jakarta Amat Mengkhawatirkan

Anies telah menginstruksikan Ketua RT, dan RW agar segera melakukan pendataan terhadap golongan rentan Corona untuk meminamilisir dampak wabah

youtube tvOneNews
Anies Baswedan bicara perkembangan penanganan Covid-19, Senin (30/3/2020) 

TRIBUNWOW.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membahas perkembangan penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di ibu kota.

Hingga saat ini, Anies mengakui situasi di Jakarta masih mengkhawatirkan, dan perlu penanganan serius.

Ia kemudian menjelaskan perlu tindakan segera untuk mendata golongan yang rentan terserang Covid-19, agar situasi tidak semakin memburuk.

Pasien dalam Pengawasan (PdP) Coronavirus Disease (Covid-19) dari Kabupeten Luwu, Sulsel, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Sawerigading, Kota Palopo, Sulsel, Sabtu (21/3/2020).
Pasien dalam Pengawasan (PdP) Coronavirus Disease (Covid-19) dari Kabupeten Luwu, Sulsel, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Sawerigading, Kota Palopo, Sulsel, Sabtu (21/3/2020). (DOK RSUD SAWERIGADING)

Dukung Tenaga Medis Lewat Video Call, Guyon Ganjar Pranowo Langsung Disambut Gelak Tawa

Dikutip dari YouTube tvOneNews, Senin (30/3/2020), awalnya Anies memperingatkan warga ibu kota soal situasi Jakarta yang begitu mengkhawatirkan.

"Kondisi penyebaran Covid di Jakarta ini masih amat mengkhawatirkan, tingkat penyebarannya masih cukup tinggi," jelas Anies.

Anies kembali menekankan pentingnya melakukan seruan dari pemerintah seperti physical distancing.

"Kalau kita perhatikan lonjakan angka kasus, cukup besar, karena itu kepada seluruh masyarakat untuk serius di dalam melaksanakan pembatasan jaga jarak, atau biasa disebut physical distancing, untuk mencegah penularan," paparnya.

Demi mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin parah, Anies akhirnya menginstruksikan untuk adanya pendataan penduduk yang rentan jatuh sakit akibat Covid-19.

"Jadi ini harus dikerjakan dengan amat serius, kemudian dari Pemprov DKI Jakarta juga secara khusus memberikan instruksi kepada Ketua RT, RW, Dasa Wisma PKK, dan Kader PKK untuk melakukan identifikasi atas kelompok masyarakat yang rentan bila tertular Covid-19," kata Anies.

Golongan yang perlu diperhatikan berdasarkan penjelasan Anies adalah warga lanjut usia di atas 60 tahun, serta penyandang penyakit bawaan seperti diabetes, penyakit jantung, paru, dan tekanan darah tinggi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melanjutkan, seusai identifikasi selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah sosialisasi, dan pemberian bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

"Mereka bertugas untuk mengindentifikasi lingkungannya, lalu secara khusus melakukan sosialisasi cara-cara mencegah dari penularan, dan ada sebagian dari lansia yang tinggal sendirian, tanpa didampingi oleh keluarganya, di situ harus ada pendampingan khusus," ujar Anies.

Untuk menunjukkan parahnya situasi di Jakarta, Anies juga mengungkit data pemakaman di ibu kota.

"Pemprov DKI Jakarta juga memantau dari Dinas Pertamanan, dan Hutan Kota, ini adalah dinas yang mengurusi pemakaman," kata Anies.

Dokter Tirta Sempat Didiagnosa Suspek Virus Corona, Ini Penyakit Paru-paru yang Ternyata Dideritanya

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved