Virus Corona

Media Jepang Soroti Keputusan Jokowi Pesan Avigan 2 Juta Butir untuk Obati Virus Corona

Media Jepang tampak menyoroti keputusan Jokowi yang memesan dua juta butir Avigan untuk mengobati pasien corona di Indonesia.

Wartakota/Nur Ichsan
Presiden Jokowi melakukan pemantauan langsung penyemprotan cairan desinfektan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten. Jumat (13/3/2020). Pembersihan oleh petugas gabungan tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Wartakota/Nur Ichsan) 

TRIBUNWOW.COM - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memesan dua juta butir Avigan untuk mengobati pasien corona di Indonesia, menjadi sorotan media Jepang.

Asian Nikkei menuliskan Jokowi memesan Avigan tiga hari setelah China mengklaim obat flu keluaran Fujifilm ini bisa menyembuhkan pasien terjangkit Virus Corona.

"Tidak ada antivirus yang ditemukan. Tetapi beberapa obat telah dicoba di beberapa negara dan menyebabkan pemulihan, yaitu Avigan," terang Jokowi, Jumat (20/3/2020), seperti diberitakan Asian Nikkei.

Diundang BNPB Bahas Corona, Indra Bekti Enggan Disebut Jubir Pemerintah: Mau Ajak Orang Disiplin

Media Jepang ini juga menuliskan detail, Jokowi telah mengimpor lima ribu butir Avigan dan sedang dalam proses pemesanan untuk dua juta butir lainnya.

Menurut wawancara dengan orang-orang yang terlibat dalam pengembangan Avigan, pembuatan obat satu ini membutuhkan perjuangan keras selama tiga dekade.

Sejarah ini bisa menjadi berkah sekaligus kutukan bagi produsennya, Toyama Chemical, karena bergabung dalam perlombaan secara global untuk menemukan obat corona.

Menurut Yohei Doi, yang memimpin uji klinis di Fujita Health University, keuntungan Avigan di tengah krisis saat ini adalah adanya cadangan nasional, serta penelitian, dan tes ekstensif yang dilakukan untuk influenza.

Pria di Spanyol Dihukum karena Melamar Kekasihnya di Tengah Lockdown Virus Corona

"Di sisi lain, kita belum tahu apakah itu (Avigan) bisa mengurangi virus (corona)," katanya.

Yohei menyebutkan, hasil penelitian di China soal Avigan terhadap corona cukup menggembirakan.

Tapi, sayangnya detail yang disampaikan belum terlalu banyak.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved