Terkini Daerah

Kapal Kargo Singapura Lepaskan Sinyal Tanda Bahaya, TIM SAR Upayakan Pencarian dan Penyelamatan

Kapal kargo berbendera Singapura melepaskan sinyal tanda bahaya saat tengah melintas di perairan Tanjung Ular, Bangka Barat.

Wartakota
Tabrakan dengan Kapal Pengangkut Barang, Kapal MT Elizabeth Nyaris Tenggelam Kapal MT Elizabeth (latar belakang) mengalami robek lambung kanannya akibat bertabrakan dengan kapal pengangkut barang KM Bhaita Jaya Samudera 

TRIBUNWOW.COM - Kapal kargo berbendera Singapura melepaskan sinyal tanda bahaya saat tengah melintas di perairan Tanjung Ular, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (15/3/2020).

Tim SAR Pangkal Pinang kemudian dipersiapkan untuk upaya pencarian dan penyelamatan.

"Kapal MV Cemtex Pioneer berjenis Bulk Carrier sebelumnya memancarkan distress alert (DSC) pada 15 Maret 2020, pukul 18:29 WIB, ke satelit COSPAS-SARSAT dan di terima stasiun bumi MLUT milik Basarnas dan diteruskan ke Basarnas Command Center," kata Kepala Basarnas Pangkal Pinang Fazzli dalam keterangan tertulis, Senin (16/3/2020).

Ganjar Pranowo Tak Izinkan 24 Kapal Pesiar Bersandar di Semarang: Saya Dimarahi Banyak Masyarakat

Menurut Fazzli, pihaknya melakukan pengecekan dengan berkordinasi ke Stasiun Radio Operasi Pantai (SROP) Pangkal Balam dan Palembang.

Namun, kapal tersebut tidak memiliki perangkat Automatic Identification System (AIS).

Selanjutnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkal Pinang berkoordinasi dengan agen kapal melalui e-mail.

Namun sampai saat ini belum ada balasan dan selanjutnya melakukan e-broadcast dengan kapal - kapal yang melintasi wilayah tersebut.

"Kami akan mencari dan melihat apa penyebabnya kapal tersebut mengirimkan sinyal marabahaya. Untuk kelengkapan tim yang di lapangan menggunakan Direction Finder (DF) 1. Alat ini berguna untuk mengetahui lokasi perangkat EPIRB yang memancar ke satelit," tutur Fazzli.

Menurut fazzli, lokasi kejadian berada di Perairan Tanjung Ular, Muntok.

"Tim sudah berangkat pukul 09:30 WIB, semoga apa yang kita cari cepat ditemukan," kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Kargo Singapura Lepaskan Sinyal Tanda Bahaya di Tanjung Ular Bangka".

Ikuti kami di
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved