Info Gawai

Lebih dari 1 Miliar HP Android Rentan Dibobol, Cek Apakah Milikmu Termasuk, Begini Caranya

Lebih dari satu miliar telepon genggam Android rentan diretas karena unit-unit tersebut tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan.

Lebih dari 1 Miliar HP Android Rentan Dibobol, Cek Apakah Milikmu Termasuk, Begini Caranya
Phone Arena/ Tribun Jual Beli
Ilustrasi ponsel. 

TRIBUNWOW.COM - Lebih dari satu miliar telepon genggam Android rentan diretas karena unit-unit tersebut tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan, kata Which?, majalah di Inggris yang banyak mengupas isu perlindungan konsumen.

Unit telepon seluler yang tidak mendapatkan pembaruan perangkat lunak lebih berisiko menjadi korban pencurian data dan serangan program jahat.

Majalah ini mengatakan para pemilik ponsel Android buatan sebelum tahun 2012 harus lebih waspada.

Cara Menggunakan Mode Gelap atau Dark Mode di WhatsApp, Simak Langkah Mudahnya

Sejauh ini BBC belum menerima komentar Google, raksasa teknologi yang mengembangkan sistem operasi Android.

Data Google menunjukkan 42,1% dari ponsel-ponsel Android di seluruh dunia memakai sistem operasi versi 6.0 atau lebih rendah.

Berdasarkan buletin keamanan Android, tidak ada pembaruan keamanan bagi semua ponsel yang menggunakan sistem operasi versi 7.0 ke bawah.

Dengan data ini, Which? menyimpulkan dua dari lima ponsel Android di seluruh dunia tak lagi menerima pembaruan keamanan.

Model apa saja yang rentan pembobolan?

Majalah ini kemudian menguji lima ponsel, yaitu Motorola X, Samsung Galaxy A5, Sony Xperia Z2, LG/Google Nexus 5, dan Samsung Galaxy S6.

Which? meminta laboratorium antivirus AV Comparatives untuk menginfeksi unit-unit ponsel ini dengan program jahat dan semua unit tersebut terinfeksi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: BBC Indonesia
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved