Kabinet Jokowi

Prabowo Beberkan 4 Rencana Kerja Sama Indonesia dengan Australia di Bidang Pertahanan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelaskan rencana kerjanya bersama Australia dalam bidang pertahanan dan keamanan Indonesia

youtube MoFA Indonesia
2+2 Meeting, pertemuan antara Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri Australia, Linda Reynolds dan Marise Payne dengan Menteri Pertahan dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Prabowo Subianto dan Retno Marsudi 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memaparkan rencana kerja samanya dengan Australia dalam bidang pertahanan.

Total, ada 4 fokus kerja sama yang akan dilakukan oleh Indonesia dengan Australia.

Dikutip TribunWow.com dari video unggahan kanal Youtube MoFA Indonesia, Kamis (5/12/2019), Prabowo mengatakan rencana kerja sama pertamanya dengan Australia adalah meningkatkan intensitas latihan militer bersama.

Tanggapan Gerindra soal Megawati Ngaku Pernah Selamatkan Prabowo: Saatnya Kerja Bukan Nyinyir

"Saya kira secara rinci banyak bidang yang kita akan memulai, TNI diundang untuk ikut serta dalam latihan-latihan lebih banyak di Australia," kata Prabowo.

Kedua, Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja sama pihak Australia untuk mendidik perwira dan taruna dari Indonesia di Australia.

"Kemudian saya juga terima kasih ada undangan untuk lebih banyak perwira-perwira kita, bahkan juga taruna-taruna kita untuk bisa ikut serta dalam pendidikan di Akademi Militer Australia," jelas Prabowo.

Ketiga, Prabowo mengatakan Indonesia dan Australia telah sepakat untuk bekerja sama dalam sektor maritim.

Kerja sama difokuskan dalam pertukaran informasi untuk melawan illegal fishing (pengambilan ikan ilegal) dan kejahatan lintas negara.

"Kita juga sepakat untuk kerja sama dalam bidang maritim," ujar Prabowo.

"Australia akan menawarkan kerja sama terutama di bidang pertukaran informasi dan intelijen khususnya menghadapi illegal fishing, dan kejahatan trans nasional di perairan Indonesia," tambahnya.

Keempat, Prabowo mengatakan untuk pertama kalinya Indonesia bersama Australia akan menginisiasi pengiriman pasukan bersama dengan tujuan misi keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved