Rusuh di Papua

Hadir di Sidang Umum PBB, Pentolan OPM Benny Wenda Tidak Dapat Kesempatan Bicara

Pentolan separatis OPM, Benny Wenda, pemimpin ULMWP, ternyata turut menghadiri Sidang Majelis Umum PBB yang berlangsung pekan ini di New York.

Hadir di Sidang Umum PBB, Pentolan OPM Benny Wenda Tidak Dapat Kesempatan Bicara
SBS News
Benny Wenda 

TRIBUNWOW.COM - Pentolan separatis OPM, Benny Wenda, pemimpin ULMWP, ternyata turut menghadiri Sidang Majelis Umum PBB yang berlangsung pekan ini di New York.

Dia sibuk melobi agar komisioner HAM PBB dapat berkunjung ke Papua.

Sementara itu Pemerintah Australia menyatakan prihatin dengan kerusuhan yang terjadi dan akan terus memantau situasi.

Polri Ungkap Benny Wenda Punya Peran di Kerusuhan Jayapura: Dari Awal Kapolri Sudah Sampaikan

Pemerintah Indonesia telah menuduh Benny Wenda berada di balik kerusuhan di Propinsi Papua dan Papua Barat yang meletus sejak Agustus lalu hingga saat ini.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengisyaratkan bahwa rangkaian kerusuhan ini terkait dengan momentum pertemuan tahunan Dewan HAM PBB di Jenewa serta Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Namun tuduhan itu telah dibantah, baik oleh Benny Wenda maupun oleh Sebby Sambom, jurubicara West Papua National Liberation Army, sayap militer Gerakan Papua Merdeka.

Dalam wawancara dengan stasiun TV SBS Australia, Benny Wenda mengaku sedang berada di New York untuk mengupayakan jalan bagi kunjungan Komisioner HAM PBB ke tanah airnya, Papua.

"Pesan saya ke masyarakat internasional, kami sangat membutuhkan pasukan penjaga perdamaian PBB untuk masuk ke Papua," ujarnya.

Hal itu, katanya, didorong oleh pertimbangan krisis kemanusiaan yang kini terjadi di sana.

Laporan resmi versi Pemerintah RI mengenai kerusuhan terbaru di Wamena menyebutkan lebih dari 32 orang tewas, kebanyakan warga pendatang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved