Terkini Daerah

Bisa Pakai VPN dan Operator Lain untuk Main PUBG, Pakar TI Aceh Menilai Pemblokiran Game Tak Efektif

PUBG haram di Aceh tapi masih bisa diakses pakai VPN dan operator lain. Pakar TI sebut langkah pemblokiran tak efektif karena tak menyeluruh.

Bisa Pakai VPN dan Operator Lain untuk Main PUBG, Pakar TI Aceh Menilai Pemblokiran Game Tak Efektif
amanz.my
Game Mobile PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) 

TRIBUNWOW.COM - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) di Aceh sudah mengharamkan game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) yang ternyata masih bisa diakses dengan VPN (Virtual Private Network) dan operator tertentu.

Para pemain game PUBG di Kota Lhokseumawe masih bisa menggunakan operator tertentu lantaran hanya PT Telkom yang diminta pemerintah untuk memblokir akses PUBG.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Jumat (16/8/2019), Pakar Teknologi Informasi, Universitas Mailkussaleh (Unimal) Aceh Utara, Dahlan Abdullah, menilai langkah Pemkot Lhokseumawe meminta PT Telkom memblokir akses PUBG tidaklah efektif.

Para pemain game PUBG masih bisa mengakses game online itu dengan provider lain seperti Telkomsel, Axis, hingga XL dan provider lainnya yang beroperasi di Aceh.

Oknum Camat Mesum di Sambas, Cabuli Siswi Magang di Depan Temannya setelah Makan

Dahlan menyebut harusnya pemerintah meminta semua perusahaan operator seluler itu untuk memblokir akses PUBG agar efektif.

“Jika minta blokir itu, tidak hanya PT Telkom. Harus semua provider disurati untuk diminta pemblokiran game PUBG. Kalau tidak, ya masyarakat masih bisa akses juga dengan menggunakan provider lain, selain Telkom,” ujar Dahlan, Kamis (15/8/2019).

“Jadi keliru kalau Pemkot Lhokseumawe hanya minta satu provider saja. Harusnya surati semua provider,” imbuhnya.

Selain itu, pemblokiran yang dilakukan provider biasanya hanya sebatas berbasis internet protocol (IP) yang mana juga dinilai belum efektif.

Pasalnya, masyarakat masih bisa menggunakan VPN untuk mengakses PUBG.

“VPN itu sederhananya untuk mengakali IP lokal menjadi IP internasional. Jika sudah IP internasional, ya semua bisa maen game PUBG itu. Karena di internasionalnya tidak diblokir kan,” jelas Dahlan.

Sosok Budi Setiyanto Dosen UGM yang Gantung Diri, Berprestasi dan Sempat Ngajar di Berbagai Kampus

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Rekarinta Vintoko
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved