Terkini Nasional

Paduan Suara UNS Voca Erudita Harumkan Nama Indonesia di Italia

Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta kembali menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di Italia.

Paduan Suara UNS Voca Erudita Harumkan Nama Indonesia di Italia
TribunWow.com/Istimewa
PSM UNS Voca Erudita 

TRIBUNWOW.COM - Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta kembali menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Diketahui Voca Erudita mengikuti dua kompetisi Paduan Suara Internasional di Italia, yaitu pada ajang 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia dan 8th International Choir and Orchestra Festival di Florence, Italia dan berhasil menyabet 8 penghargaan dari kedua kompetisi tersebut.

PSM Voca Erudita mengikuti kompetisi paduan suara yang diselenggarakan di dua kota berbeda, yaitu kota Gorizia dan kota Florence, Italia, yang diselenggarakan pada 19-22 July 2019 dan 24 - 26 July 2019.

Didampingi oleh pembina, Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini MSIE, satu official, dan dipandu oleh 2 konduktor, Redi Sabtono S.Sn dan Ardian Dika Adhyatma S.Sn, serta tim yang terdiri dari 34 penyanyi.

Rombongan PSM Voca Erudita memulai kompetisi pertama pada 58th Seghizzi International Choral Singing Competition yang merupakan salah satu kompetisi paduan suara internasional tertua dan bergengsi di Eropa yang diselenggarakan di kota Gorizia, Italia.

Kelompok paduan suara yang tergabung dalam ajang tersebut telah melalui berbagai tahap audisi dan Voca Erudita terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berkesempatan menunjukkan kemampuannya di mata dunia melawan 12 paduan suara dari 10 negara yang berbeda.

Dalam kompetisi ini Voca Erudita mengikuti 2 kategori lagu, yakni kategori 1D “Historical Period since 1911 to the present day” dan kategori 2A “Folk and traditional songs”.

Voca Erudita berhasil menjadi salah satu dari 6 paduan suara yang masuk dalam Babak Grand Prix dan harus melawan 5 paduan suara terpilih lainnya yang berasal dari Austria-Lithuania, Kanada, Filipina, Jepang, dan Ukraina.

Pada ajang ini Voca Erudita berhasil menyabet 4 penghargaan yaitu 4th Place of category 1D “Historical Period since 1911 to the present day”, 3rd Place of category 2A “Folk and traditional songs”, Prize Choreography and Costumes, dan 4th Place of 31st Grand Prix Seghizzi.

Perjalanan PSM Voca Erudita UNS berlanjut pada kompetisi kedua yaitu 8th International Choir and Orchestra Festival yang merupakan kompetisi paduan suara dan orkestra yang diadakan di jantung kota Florence, Italia.

Pada kompetisi ini, Voca Erudita mengikuti kategori A “Mixed Choir Adults” dan kategori M “Modern and Contemporary Music”.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved