Agenda Presiden

Bagi-bagi Sertifikat Tanah di Sulawesi Utara, Jokowi Imbau Sertifikat Jangan 'Disekolahkan'

Selain mengunjungi sejumlah tempat yang berkaitan dengan proyek-proyek APBN, Presiden RI Joko Widodo juga berkesempatan membagikan 2.000 sertifikat.

Bagi-bagi Sertifikat Tanah di Sulawesi Utara, Jokowi Imbau Sertifikat Jangan 'Disekolahkan'
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
FOTO TAK TERKAIT BERITA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) imbau sertifikat tanah tak 'disekolahkan'. 

TRIBUNWOW.COM - Selain mengunjungi sejumlah tempat yang berkaitan dengan proyek-proyek APBN, Presiden RI Joko Widodo juga berkesempatan membagikan 2.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (4/7/2019) sore.

Didampingi Gubernur Olly Dondokambey, Jokowi memuji kebijakan Pemerintah Provinsi Sulut yang membebaskan seluruh biaya administrasi pengurusan sertifikat tanah bagi masyarakat.

Lanjut Jokowi, sertifikat adalah tanda bukti sah hak atas tanah.

“Zaman dulu, hanya 500.000 bidang tanah yang bisa disertifikat dalam setahun. Artinya, perlu waktu kira-kira 160 tahun agar tanah bisa disertifikat. Siapa yang mau menunggu 160 tahun? Ayo maju sini, saya kasih sepeda gratis,” kata Jokowi berkelakar.

Prabowo Tak Kunjung Bertemu Jokowi, Faldo Maldini: Seperti Drama yang Dibuat sehingga Muncul Hero

Jokowi juga meminta masyarakat agar bijak dalam menggunakan sertifikat.

Sebab, banyak sertifikat "disekolahkan" (dijadikan anggunan) untuk berbagai kepentingan.

“Tidak masalah sertifikatnya ‘disekolahkan’ tapi harus bijak, harus dipakai modalnya untuk usaha, kerja atau investasi. Jangan untuk konsumtif,” tambahnya.

Sementara Andri Rantung, warga Desa Betelen, Kecamatan Tombatu, Minahasa Tenggara, mengaku sangat senang bisa mendapatkan sertifikat tanah gratis.

"Program seperti ini sangat menyentuh langsung kepada masyarakat, apalagi kami warga yang kurang mampu. Saya berharap program seperti ini terus dijalankan," katanya saat diwawancara usai menerima sertifikat.

Batal Ijab, KUA Sebut Nenek dan Pemuda 19 Tahun di Pati Tetap Tak Bisa Menikah walau Pakai Cara Siri

Marko Goni, warga Bolaang Mongondow Timur mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, warga sangat terbantu dengan adanya program sertifikat gratis ini.

"Saya sangat senang, bisa menambah modal usaha," ujar dia.

Pembagian sertifikat tanah di Graha Bumi Beringin tersebut turut dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan para pejabat Pemprov Sulut. (Kompas.com/Skivo Marcelino Mandey)

WOW TODAY:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Siapa yang Mau Tunggu Sertifikat Tanah 160 Tahun? Saya Kasih Sepeda Gratis"

Ikuti kami di
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved