Pilpres 2019

Sandiaga Uno Beberkan Alasan Dirinya dan Prabowo Tak Hadiri Penetapan Presiden Terpilih di KPU

Cawapres 02 Sandiaga Uno membeberkan alasan dirinya dan Capres 02 Prabowo Subianto tak hadir ke penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di KPU.

Sandiaga Uno Beberkan Alasan Dirinya dan Prabowo Tak Hadiri Penetapan Presiden Terpilih di KPU
Capture Youtube KompasTV
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno membeberkan alasan dirinya dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto tak hadir ke penetapa presiden dan wakil presiden terpilih di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Minggu (30/6/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, membeberkan alasan dirinya dan Calon Presiden 02, Prabowo Subianto, tak hadir di penetapan presiden dan wakil presiden terpilih yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Diberitakan TribunWow.com, hal tersebut disampaikan Sandiaga seperti tampak dalam saluran YouTube KompasTV, Minggu.

Sandiaga menjelaskan, dirinya dan Prabowo sudah memutuskan untuk tidak hadir ke acara tersebut.

Alur Penetapan Jokowi-Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Menurut Sandiaga, dirinya dan Prabowo ingin memberikan ruang kepada calon presiden dan calon wakil presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk menindak lanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami sudah memutuskan, saya dan Pak Prabowo untuk tidak hadir, hanya memberikan ruang kepada yang kemarin sudah diputuskan oleh MK, Presiden Jokowi dan Kiai Ma'ruf untuk hadir di sana," jelas Sandiaga.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno membeberkan alasan dirinya dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto tak hadir ke penetapa presiden dan wakil presiden terpilih di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Minggu (30/6/2019).
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno membeberkan alasan dirinya dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto tak hadir ke penetapa presiden dan wakil presiden terpilih di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Minggu (30/6/2019). (Capture Youtube KompasTV)

Sandiaga menjelaskan, pihaknya juga tak ingin ada penumpukan massa di sekitar gedung KPU jika seandainya ia dan Prabowo memutuskan untuk datang ke sana.

"Kita juga tidak ingin ada potensi penumpukan massa juga. Jadi kami memberikan ruang agar KPU bisa menyampaikan sebagai tindak lanjut keputusan MK kemarin," ungkapnya.

Beda Pernyataan Sandiaga Uno dan Maruf Amin terkait Rekonsiliasi antara Paslon 01 dan 02

Sementara itu diberitakan Tribunnews.com, KPU memberikan tanggapan atas ketidakhadiran Prabowo-Sandi.

Komisioner KPU Ilham Saputra menyayangkan ketidakhadiran Prabowo-Sandi.

Padahal, KPU sengaja mengundang dan menaruh harapan besar agar kedua paslon bisa datang.

"Prinsipnya kita ingin seluruhnya hadir dan sama-sama kita sambut pemimpin baru kita," ujar Komisioner KPU RI Ilham Saputra, di kantornya, Minggu (30/6/2019) siang.

Kata Sejumlah Partai Pendukung Petahana soal Kemungkinan Demokrat dan PAN Bergabung ke Jokowi

Ilham mengatakan, pihaknya ingin merepresentasikan kehadiran kedua paslon itu sebagai ajang 'fairness' menerima hasil Pilpres dengan lapang dada.

"Kita menginginkan kemudian fairness tercapai kemudian seluruh orang yang berkontestasi hadir dan menerima hasil Pemilu ini, kan idealnya seperti itu," ujar dia.

(TribunWow.com/Ananda)

WOW TODAY

Ikuti kami di
Penulis: Ananda Putri Octaviani
Editor: Claudia Noventa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved