Sidang Sengketa Pilpres 2019

Hari Minggu KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Undang Prabowo-Sandi

Hari Minggu (30/7/2019), KPU tetapkan Jokowi-Ma'ruf Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, undang Prabowo-Sandi untuk konferensi pers.

Hari Minggu KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Undang Prabowo-Sandi
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Capres petahanan Joko Widodo saat mendatangi kediaman cawapresnya Kiai Haji Maruf Amin di Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) malam. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin akan menyampaikan pidato terkait hasil sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Bandara Halim Perdanakusuma 

TRIBUNWOW.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam rapat pleno terbuka, Minggu (30/7/2019).

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/6/2019), pihak KPU juga akan mengundang paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Diketahui, tanggal tersebut dipilih setelah KPU menggelar rapat pleno sehubungan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2019.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU, Arief Budiman, saat ditemui di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Tanggapi soal Putusan MK, Refly Harus Singgung Kasus Sianida Mirna: Locus Delicti yang Sangat Kecil

"Kami akan selenggarakan rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih pada hari Minggu tanggal 30 Juni di kantor KPU RI pukul 15.30 WIB," kata Arief Budiman.

Jokowi-Maruf saat menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Jakarta, Selasa (21/5/2019).
Jokowi-Maruf saat menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Jakarta, Selasa (21/5/2019). ((KOMPAS.com/Ihsanuddin))

Selain mengundang Prabowo-Sandi, KPU juga memberi 20 undangan untuk elite parpol lainnya untuk hadir.

KPU memberi kesempatan pihak 01 dan 02 memberikan sambutan serta konferensi pers bersama.

"Kami juga akan beri kesempatan kepada masing-masing paslon untuk memberikan sambutan di acara tersebut."

"Dan juga diberikan kesempatan melakukan konferensi pers dan kami harap paslon 01 dan 02 bisa melakukan konferensi pers bersama," kata Arief Budiman.

Setelah Putusan MK, Prabowo akan Konsultasi dengan Tim Hukum: Apa Masih Ada Langkah Hukum Lain

Selain pihak 01 dan 02, KPU juga akan mengundang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) dalam rapat pleno terbuka nanti.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Claudia Noventa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved