Pilpres 2019

Survei Puskaptis Elektabilitas Capres Terbaru: Prabowo-Sandi Ungguli Jokowi-Ma'ruf, Lihat Selisihnya

Prabowo-Sandiaga dianggap memiliki karakter tegas dan berwibawa serta mampu memperbaiki kondisi ekonomi bangsa.

TribunWow.com/Octavia Monica
Pasangan capres-cawapres dalam pilihan presiden 2019. 

TRIBUNWOW.COM - Lembaga survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden 2019.

Puskaptis memaparkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul tipis yakni 47,59 persen sementara dari Jokowi - Maruf Amin 45,37 persen.

Ia mengatakan berbagai alasan publik terkait unggulnya elektabilitas Prabowo - Sandiaga Uno dari Jokowi - Maruf Amin publik di antaranya menginginkan perubahan dan presiden baru.

TKN Tertawa saat BPN Tak Jawab Pembawa Acara yang Tanyakan Selisih Survei Internal Jokowi-Prabowo

"Sosok keduanya dipandang mampu memperbaiki kondisi ekonomi saat ini serta memiliki karakter tegas dan berwibawa," katanya.

Meski demikian, dari hasil survei yang sama menunjukan bahwa 50 persen masyarakat puas terhadap citra kepemimpinan Jokowi.

"Perbedaan tingkat elektabilitas yang ketat ini dapat disimpulkan kedua pasangan punya peluang yang sama dalam memenangkan pertarungan. Namun dengan dengan keunggulan 2,14 persen, Prabowo-Sandiaga, berpeluang besar menangkan pertarungan di 17 April 2019," ucap Husin.

Beda Pandangan dengan SBY soal Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di GBK, Fadli Zon: Ini Sangat Inklusif

Survei dilakukan pada 26 Maret - 2 April 2019, yang diklaim dilakukan secara proporsional di 34 provinsi, dengan jumlah responden sebanyak 2.100 berusia 17 tahun atau di atasnya dan telah menikah, serta tersebar baik di pedesaan maupun di perkotaan.

Survei dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling dan margin error kurang lebih 2,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Tribunnews.com/Rina Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei Puskaptis : Elektabilitas Prabowo 47,59 Persen, Jokowi 45,37 Persen

TONTON JUGA:

Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved