Kasus Ahmad Dhani

Kuasa Hukum Ahmad Dhani Protes Penahanan Kliennya Dipindah ke Rutan Medaeng

Tim kuasa hukum Ahmad Dhani memprotes pemindahan penahanan Dhani dari Lapas Cipinang ke Rutan Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur.

Warta Kota/Angga Bhagja Nugraha
Ahmad Dhani dinyatakan bersalah dan divonis 1 tahun 6 bulan oleh Hakim karena melakukan ujaran kebencian lewat cuitan di akun Twitternya. Ahmad Dhani saat berada di dalam mobil tahanan, Senin (28/1/2019), seusai divonis bersalah. 

TRIBUNWOW.COM - Tim kuasa hukum terdakwa kasus pencemaran nama baik Ahmad Dhani memprotes pemindahan penahanan Dhani dari Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, ke Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur.

Salah satu kuasa hukum Dhani, Aldwin Rahardian mengatakan, Dhani harusnya tetap ditahan di LP Cipinang meskipun sedang menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surabaya.

"Jika menghadiri sidang perkara lain di Surabaya, sifatnya hanya dipinjamkan, bukan dipindah lokasi tahanan," ujar Aldwin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/2/2019).

Fahri Hamzah: Dukungan Prabowo pada Ahmad Dhani Diperlukan agar Aparat Intrsopeksi

Aldwin mengatakan, harusnya Dhani tetap ditahan di LP Cipinang sesuai ketetapan Pengadilan Tinggi DKI nomor 385/Pen.PID/2019/PT.DKI atas perkara yang ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

PN Jaksel menetapkan Dhani bersalah atas kasus ujaran kebencian.

Apalagi kata Aldwin, perkaranya yang diputus Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sedang dalam proses banding.

Bentuk protes tim kuasa hukum Dhani dilakukan dengan menandatangani berita acara penolakan pemindahan penahanan Ahmad Dhani di Rutan Medaeng usai sidang pencemaran nama baik yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Kamis siang.

Fahri Hamzah Kritisi Penahanan Ahmad Dhani: Seolah Penegakan Hukum sebagai Media Balas Dendam

"Ini bentuk protes kami, kami tandatangani berita acara penolakan pemindahan penahanan," kata Aldwin.

Dalam sidang yang digelar di PN Surabaya, Dhani didakwa melakukan pencemaran nama baik.

Jaksa penuntut umum Dedi Arisandi saat pembacaan dakwaan menyebut Dhani melanggar Pasal 27 Ayat 3 juncto Pasal 45 Ayat 1 UU nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ahmad Dhani Ditahan di Rutan Medaeng Sidoarjo, Kuasa Hukum Protes

Ikuti kami di
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved