Pilpres 2019

Kecewa Lihat Debat Perdana Capres-Cawapres, Fahri Hamzah Beri Kritik dan Permohonan pada KPU

Kritikan Fahri lantaran kecewa dengan KPU yang memperbolehkan kandidat capres dan cawapres membawa contekan saat debat pilpres berlangsung.

Kecewa Lihat Debat Perdana Capres-Cawapres, Fahri Hamzah Beri Kritik dan Permohonan pada KPU
TribunWow.com/Octavia Monica P
Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR RI 

TRIBUNWOW.COM - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, memberikan kritik pedas untuk debat perdana pemilihan presiden (pilpres) 2019 yang telah digelar, pada Kamis (17/1/2019) malam.

Kritikan itu ia sampaikan melalui akun Twitter miliknya, @Fahrihamzah, setelah debat perdana berakhir.

Diketahui, pada debat perdana antara calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, berlangsung cukup alot.

Fahri mengatakan kecewa dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memperbolehkan kandidat pasangan calon (paslon) capres dan cawapres untuk membawa catatan atau 'contekan' saat debat.

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saling berpelukan dengan pasangan calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Mar'uf Amin usai mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saling berpelukan dengan pasangan calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Mar'uf Amin usai mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. (Tribunnews/Jeprima)

Reaksi Cepat Prabowo saat Sandiaga Minta Diangkat Lagi ke Gerindra di Tengah Debat: Enggak, Jangan

Menurutnya, akibat melihat contekan itu saat berdebat, membuat pernyataan paslon capres dan cawapres menjadi tidak nyambung.

"Kecewa saya sama panggung #DebatPertamaPilpres2019 malam ini....@KPU_ID tidak saka memberikan kisi2 tapi membolehkan adanya contekan sehingga wajah kandidat sering melihat ke bawah dan tidak menyimak.

Akhirnya jawaban gak nyamBung. Ayo KPU ubah ini masih ada 4 kali," tulis Fahri.

Cuitan Fahri Hamzah soal kekecewaanya terhadap KPU
Cuitan Fahri Hamzah soal kekecewaanya terhadap KPU (Twitter/@Fahrihamzah)

Fahri mengungkapkan dengan adanya 'contekan' tersebut, kedua capres dan cawapres dapat bersembunyi di balik pertanyaan serta kisi-kisi yang telah dihafalkan mereka.

"Kita Harus membuat protes keras kepada @KPU_ID dengan melakukan drama seperti itu, maka calon presiden bisa bersembunyi di balik pertanyaan dan jawaban serta kisi2 yang telah dihafal. KPU menipu kita!" imbuhnya.

Cuitan Fahri Hamzah soal kekecewaanya terhadap KPU.
Cuitan Fahri Hamzah soal kekecewaanya terhadap KPU. (Twitter/@Fahrihamzah)

4 Kali Ditanya Soal Sisa Waktu Saat Closing Statement Debat, Jokowi Malah Gulung Lengan Bajunya

Lebih lanjut, Fahri berpendapat bahwa capres-cawapres tidak menyimak debat dengan baik lantaran sibuk membaca 'contekan' yang mereka bawa.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved