Gampa Bumi

PLN: Kerusakan Listrik di Palu Lebih Parah Dibanding Aceh dan Lombok

PLN sebut kerusakan listrik yang diakibatkan oleh gempa dan tsunami yang menimpa Kota Palu dan Donggala lebih parah dibanding Aceh dan Lombok.

PLN: Kerusakan Listrik di Palu Lebih Parah Dibanding Aceh dan Lombok
Akun Twitter/@Sutopo_PN
PLN sebut kerusakan listrik yang diakibatkan oleh gempa dan tsunami yang menimpa Kota Palu dan Donggala lebih parah dibanding Aceh dan Lombok. 

TRIBUNWOW.COM - Perusahaan Listrik Negara atau PT. PLN (Persero) menyebutkan kerusakan infrastruktur listrik yang diakibatkan oleh gempa dan tsunami yang menimpa Kota Palu dan Donggala pada Jumat (28/9/2018) sangatlah parah.

Bahkan, dilansir dari thejakartapost.com, tingkat kerusakannya lebih parah dibandingkan kerusakan di Aceh saat terkena tsunami tahun 2004 dan Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Juli 2018.

PLN pun butuh waktu untuk memulihkan layanan listrik di daerah tersebut.

Diberitakan Kompas.com pada Selasa (2/10/2018), PLN sampai hari ini masih memperbaiki sejumlah gardu induk dan infrastruktur pendukung kelistrikan di Palu, Donggala, dan daerah lain yang terkena dampak bencana.

Jika seluruh proses perbaikan berjalan mulus, ditargetkan seluruh jaringan listrik bisa pulih kembali pada Jumat (5/10/2018) mendatang.

"Diperkirakan dua sampai tiga hari ke depan, kondisinya sudah pulih, tanggal 5 (Oktober)," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui diskusi di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Selasa (2/10/2018) malam.

Dikutip dari thejakartapost.com, PLN sebelumnya menyatakan bahwa dari tujuh gardu induk, ada dua gardu induk yang masih berfungsi di Pamona dan Poso.

Gardu listrik tersebut memasok listrik ke daerah seperti Tentena, Poso, dan Bandara Kasiguncu.

Sedangkan lima gardu yang rusak terletak di Parigi, Sidera, Silae, Talise, dan Pasangkayu.

Gardu-gardu yang rusak tersebut memasok listrik ke Parigi, Palu, Donggala, hingga Pasangkayu.

"Tiga gardu induk dalam pemulihan, yaitu Gardu Induk Sidera, Gardu Induk Talise, dan Gardu Induk Parigi. PLN mengerahkan 371 personel untuk memperbaiki gardu induk dan jaringan listrik di Sulawesi," tutur Sutopo pada Kompas.com (2/10/2018). (TribunWow.com/Ifa Nabila)

Ikuti kami di
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved