Gempa Lombok, Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita Mendalam hingga Pastikan Penanganan Secepatnya

Presiden Joko Widodo mengucapkan rasa dukacita yang mendalam kepada para korban bencana gempa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018).

Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa dukacita yang mendalam kepada para korban bencana gempa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018).

"Saya atas nama pribadi dan atas nama masyarakat Indonesia mengucapkan duka yang dalam atas banyaknya saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Barat yang meninggal karena gempa sore hari kemarin," ungkap Presiden Jokowi seperti dikutip dari tayangan Kompas TV yang diunggah di YouTube, Senin (6/8/2018).

Diketahui, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Senin sore, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa sebanyak 91 orang.

Lakukan Pengecekan Pasca Gempa, Pertamina Pastikan Fasilitas Penyaluran Bahan Bakar Aman

Presiden Jokowi mengatakan jika pada minggu malam, telah memerintahkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk mengoordinasikan penanganan pascagempa di NTB.

"Tadi malam saya sudah memerintahkan kepada Menkopolhukam untuk mengkoordinasi seluruh jajaran yang terkait dengan ini baik BNPB, Mensos TNI, Polri dan yang lainnya agar penanganan masa gempa ini bisa dilakukan secepat-cepatnya," kata Jokowi.

"Baik yang berupa evakuasi korban yang meninggal maupun yang luka-luka untuk segera ditangani termasuk juga penanganan logistik dan yang lain-lainnya," lanjut Jokowi.

BNPB: Sementara 91 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa 7 SR di NTB

Lebih lanjut, Jokowi juga menginstrusikan agar turis juga ditangani dengan baik.

Jokowi juga memastikan pemerintah pusat telah mengirim bantuan bagi masyarakat korban gempa di NTB.

"Di dalamnya juga banyak turis, saya juga pesen kepada Menko agar penanganan turis dilakukan sebaik-baiknya jangan sampai ada pelayanan yang kurang," ujar Jokowi.

"Masalah logistik saya kira sudah tadi malam sudah meluncur ke NTB. Termasuk dokter-dokter juga sudah meluncur semuanya ke Nusa Tenggara Barat," tandas Jokowi.

Jokowi Perintahkan Wiranto untuk Mengoordinasi Penanganan Pascagempa Berkekuatan 7 SR di Lombok

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Kompas TV
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved