4 Keuntungan Indonesia Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana mengatakan ada 4 keuntungan untuk Indonesia menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB.

4 Keuntungan Indonesia Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Twitter/Kemlu RI
Majelis Umum PBB di New York memilih Indonesia sebagai Anggota Dewan Keamanan PBB, Jumat (8/6/2018) malam WIB. 

TRIBUNNEWS.COM - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana mengatakan ada empat keuntungan untuk Indonesia menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB (DK PBB).

Pertama, sesuai amanat konstitusi Indonesia bisa lebih aktif dalam turut menjaga perdamaian dunia.

Kedua, bila memperjuangkan suatu isu, semisal kemerdekaan Palestina bisa langsung menyampaikan gagasan dan ide dalam sidang DK PBB.

Ronaldo Siap Bayar Rp 311 Miliar Guna Selesaikan Masalah Pajak

"Bila tidak sebagai anggota DK PBB, Indonesia harus melobi negara yang menjadi anggota," ujar Hikmahanto kepada Tribunnews.com, Minggu (10/6/2018).

Ketiga, Indonesia lebih terangkat profilnya sebagai negara yang aktif dalam percaturan dunia, khususnya dibidang perdamaian dan keamanan.

Keempat, kata dia, bila PBB direformasi dan DK juga direformasi bukannya tidak mungkin Indonesia dilihat oleh dunia sebagai negara yang layak menjadi anggota tetap DK PBB.

Polemik THR di Surabaya Diduga Ada Kesalahpahaman Istilah dengan Pemerintah Pusat

Dalam pemungutan suara Majelis Umum PBB yang dilangsungkan di New York, Jumat (8/6/2018), Indonesia mendapat 144 suara dari 193 negara anggota PBB.

Keberhasilan Indonesia menjadi wakil Asia Pasifik duduk di lembaga paling bergengsi di PBB itu merupakan keempat kali sejak menjadi anggota Perserikatan Bangsa Bangsa ke-60 pada tanggal 28 September 1950.

Bersama dengan Afrika Selatan, Republik Dominika, Jerman dan Belgia, Indonesia akan menjalankan tugas sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk tahun 2019 dan 2020. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: 4 Keuntungan bagi Indonesia Jadi Anggota Tak Tetap DK PBB

Ikuti kami di
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved