Pilpres 2019

Refly Harun: Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Sah-sah Saja Acungkan Jari 01 atau 02

Refly Harun angkat suara terkait pilihan politik Kepala Daerah dengan simbol-simbol mengacungkan jari dengan sebut Anies Baswedan dan Ridwan Kamil

Refly Harun: Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Sah-sah Saja Acungkan Jari 01 atau 02
Tribunnews
Refly Harun 

TRIBUNWOW.COM - Pakar hukum tata negara, Refly Harun angkat suara terkait pilihan politik Kepala Daerah dengan simbol-simbol mengacungkan jari.

Melalui Twitter miliknya, @ReflyHZ, Refly mengatakan Kepala Daerah wajar saja memiliki kecenderungan politik tertentu.

Mereka juga wajar untuk memperlihatkan hal tersebut melalui acungan jari yang ditujukan pada pasangan calon (paslon) capres cawapres yang mereka pilih.

"Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sah sah saja memiliki preferensi politik dengan mengacungkan jari baik 01 maupun 02," ujarnya.

Sebelumnya, Refly juga mengatakan bahwa pasal yang disangkakan pada Anies Baswedan dalam kasusnya tidak bisa dikenakan pada Anies.

Dikarenakan, pasal tersebut berbunyi soal pelarangan penyalahgunaan kekyasaan, bukan melarang seseorang untuk memiliki kecenderungan politik.

Refly Harun: Terlalu Berlebihan kalau Ada Kepala Daerah Acungkan Jari Diancam 3 Tahun Penjara

"Pasal 547: Stiap pejabat negara yg dg sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu dalam masa Kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak Rp36jt

Pasal ini tentang larangan menyalahgunakan kekuasaan bagi pejabat negara, trmsk gubernur. Bukan melarang seorang punya preferensi politik," tulisnya.

Lalu, terkait kejadian Anies mengacungkan jari saat jam kerja menjadi Gubernur DKI Jakarta, Refly Harun menganggap hal itu tidak perlu dilakukan dengan mengambil cuti hari kerja.

"Kalo cuma mengacungkan jari pun, tidak perlu cuti. Yang cuti itu kalau ikut kampanye yang mungkin akan meninggalkan tugasnya sebagai kepala daerah.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved