Fakta Seputar Yerusalem, Kota Suci yang Jadi Rebutan dan Pusat Konflik

Berikut beberapa fakta dan informasi seputar Yerusalem, mulai dari kota suci 3 agama hingga menjadi pusat konflik.

Fakta Seputar Yerusalem, Kota Suci yang Jadi Rebutan dan Pusat Konflik
Tribunnews.com
Yerusalem 

TRIBUNWOW.COM - Yerusalem menjadi perbicangan dunia lantaran pernyataan Presiden Donald Trump yang secara sepihak mengakui kota suci ini menjadi ibu kota Israel.

Berbagai negara mengecam pidato Donald Trump tersebut, termasuk Indonesia, bahkan secara tegas Presiden Jokowi menolak pengakuan tersebut.

"Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengakuan itu melanggar resolusi DK dan Majelis Umum PBB. Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya," tulis akun @jokowi, Kamis (7/12/2017).

Dilansir Wikipedia, berikut beberapa fakta dan informasi seputar Yerusalem.

Kota Suci 3 Agama

Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia, terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati.

Kota ini dianggap suci oleh tiga agama, yakni Yahudi, Islam, dan Kristen.

Yerusalem merupakan kota  tempat Yesus disalib, dimakamkan dan dan mengalami kebangkitan, oleh karena itu umat Kristen menganggap tempat ini suci.

Sementara itu, bagi umat Islam, Yerusalem adalah kota tersuci ketiga setelah Mekkah dan Madinah.

Dalam tradisi Islam, pada tahun 610 M Yerusalem menjadi kiblat pertama umat muslim dan Muhammad melakukan Isra' Miraj di sana 10 tahun kemudian.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Lailatun Niqmah
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help