Breaking News:

Pilpres 2024

Berita Ganjar Pranowo - PDIP Sebut Jokowi Hanya Lakukan Gimik Politik dan Bukan Endorse Ganjar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka suara terkait pidato Jokowi soal capres berambut putih.

Tangkapan Layar YouTube KOMPASTV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri silaturahmi akbar Relawan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menampik spekulasi terkait pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diduga menyinggung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dilansir TribunWow.com, Hasto Kristiyanto menilai pidato Jokowi terkait pemimpin berambut putih tersebut hanya gimik politik belaka.

Hasto Kristiyanto juga menekankan bahwa sosok pemimpin yang baik bukanlah dilihat dari penampilannya.

Baca juga: Soal Statement 2024 Jatah Prabowo, Pengamat Sebut Jokowi Jaga-jaga Ganjar Gagal Jadi Capres PDIP

"Pemimpin itu tidak ditentukan oleh warna rambut, sebab warna rambut sama belum tentu hati dan pikiran sama. Apa yg disampaikan Pak Jokowi hanya gimik politik," kata Hasto dalam pernyataan tertulis seperti dikutip dari kanal YouTube KOMPASTV, Minggu (27/11/2022).

Alih-alih membenarkan kadernya di-endorse presiden, Hasto justru menyampaikan sosok pemimpin yang baik menurut PDIP.

Bukan terkait penampilan, pemimpin pilihan partai yang akan diusung dalam Pilpres 2024 dilihat dari kualitasnya setelah mendapat gemblengan dari partai.

"Bagi PDI Perjuangan, pemimpin yang mumpuni itu lahir dari gemblengan kaderisasi Partai, memahami hakekat persoalan rakyat dengan jawaban kebijakan yang akan diperjuangkannya," lanjutnya.

Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR Puan Maharani, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berfoto bersama usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR Puan Maharani, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berfoto bersama usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Heboh Jokowi Ajak Pilih Capres Rambut Putih, Ganjar, Anies hingga Ridwan Kamil Posting soal Rambut

Hal senada dinyatakan politikus PDIP Masinton Pasaribu yang membantah bahwa pidato Jokowo merujuk mengenai tokoh tertentu.

"Apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi adalah bagaimana syarat-syarat untuk memilih seorang pemimpin, ada 3 kalau yang saya catat gitu ya," terang Masinton dikutip kanal YouTube KOMPASTV, Sabtu (26/11/2022).

"Pemimpin yang mengerti keinginan rakyat. Kemudian mengerti apa yang diinginkan oleh rakyat. Kemudian yang ketiga adalah mengerti tentang keberagaman di Indonesia."

"Yang saya tangkap itu ya, kalau masalah rambut, saya tidak melihat bahwa ciri-ciri itu spesifik ditujukan pada orang per orang. Yang rambut putih itu banyak," kata Masinton.

Sebagaimana diketahui, pernyataan terkait ciri-ciri pemimpin tersebut diungkap Jokowi saat menghadiri silaturahmi akbar Relawan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan para hadirin, Jokowi menyatakan bahwa pemimpin yang baik bisa dilihat dari penampilannya.

"Perlu saya sampaikan, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya," kata Jokowi.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved