Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Terbukti Pakai Foto Lawas dan Film saat Sebar Tudingan Ukraina Pakai Bom Kotor

Pemerintah Rusia terbukti menggunakan foto lawas dan foto dari syuting sebuah film saat menuding Ukraina menggunakan bom kotor atau dirty bomb.

Twitter @BenDoBrown dan @mfa_russia
Pemerintah Rusia terbukti menggunakan foto lawas dan foto dari film saat menyampaikan tudingan Ukraina menggunakan bom kotor atau dirty bomb. 

TRIBUNWOW.COM - Pada Senin (24/10/2022), Kementerian Pertahanan Rusia merilis presentasi yang berisi informasi dan bukti bagaimana Ukraina tengah melakukan persiapan untuk menggunakan bom kotor.

Dalam presentasinya, dijelaskan oleh Rusia bahwa Ukraina akan secara sengaja menggunakan bom radioaktif di wilayahnya sendiri untuk menimbulkan kepanikan agar jumlah pengungsi yang datang ke Eropa meningkat drastis.

Dikutip TribunWow dari skynews, namun dalam presentasi yang disampaikan oleh pemerintah Rusia, ternyata sejumlah foto yang digunakan oleh Kemenhan Rusia adalah foto-foto lawas dan ada foto yang diambil dari sebuah film.

Baca juga: Peringatan Zelensky Rusia akan Serang Bendungan Kini Dibantah Intelijen Ukraina Gara-gara Ini

Pada foto yang menampilkan warga berlari ketakutan, ternyata foto tersebut merupakan foto tahun 2001 di New York saat terjadi serangan 9/11.

Pemerintah Rusia juga sempat menuding bagaimana negara-negara barat menyebarkan hoaks untuk menyerang Rusia.

Dalam foto yang dipakai oleh Rusia terbukti foto itu adalah foto yang diambil saat syuting sebuah film.

Kemudian terlihat juga Rusia menggunakan sebuah foto plastik dengan bungkus berlogo radioaktif yang dinarasikan sebagai persiapan Ukraina merakit bom kotor.

Terbukti foto tersebut adalah foto yang diambil pada tahun 2016 saat otoritas di Meksiko menemukan sebuah truk berisi bahan-bahan radioaktif.

Fakta-fakta ini diungkap oleh media investigatif Bellingcat di Twitter.

Dilansir TribunWow.com, senjata terlarang yang dijuluki 'dirty bom' tersebut kabarnya akan digunakan Ukraina untuk memfitnah Rusia.

Lantas, apa sebenarnya dirty bom tersebut?

Dikutip media Rusia Tass, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan risiko Kiev menggunakan dirty bom atau bom kotor, akan menjadi agenda pertemuan Dewan Keamanan PBB.

"Masalah ini akan dibahas di Dewan Keamanan PBB hari ini atau besok," kata Lavrov di sela-sela pertemuan tahunan ke-19 klub diskusi internasional Valdai pada hari Senin (24/10/2022).

Dia menekankan bahwa Rusia memiliki bukti yang dapat diandalkan bahwa Ukraina mungkin merencanakan provokasi yang melibatkan penggunaan bom kotor.

Baca juga: Penyiar Rusia Dicekal Buntut Seruan untuk Tenggelamkan Anak-anak dan Rudapaksa Nenek-nenek Ukraina

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved