Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

1 Makam Isi 20 Mayat Tentara, Ini Fakta Kuburan Misterius di Wilayah Ukraina Bekas Kekuasaan Rusia

Pasukan militer Ukraina menemukan ratusan makam misterius di wilayah Izyum yang sempat dikuasai oleh tentara Rusia.

YouTube BBC News
Penampakan ratusan makam misterius di Izyum, wilayah Ukraina yang sempat dikuasai oleh Rusia. Tempat ini diyakini merupakan bukti kuat kejahatan perang yang dilakukan Rusia. 

TRIBUNWOW.COM - Baru-baru ini dunia digegerkan oleh temuan ratusan makam misterius yang berada di Kota Izyum, Ukraina, tepatnya di area hutan.

Kuburan misterius ini ditemukan oleh pasukan militer Ukraina seusai tentara Rusia mundur dari Izyum karena kalah dalam serangan balik.

Dikutip TribunWow dari bbc, ditemukan sejumlah fakta mengerikan seputar kondisi mayat yang dikubur di makam misterius itu.

Baca juga: Vladimir Putin Ungkap Isi Pertemuannya dengan Xi Jinping yang Punya Kekhawatiran tentang Ukraina

Diketahui di ratusan makam misterius tersebut, sebagian besar kuburan hanya ditandai menggunakan angka tanpa adanya keterangan lain.

Pembongkaran makam telah dilakukan oleh otoritas di Ukraina mulai Jumat (16/9/2022).

Dalam pembongkaran makam, ditemukan jasad warga sipil dalam kondisi lehernya terjerat tali yang diyakini merupakan bekas penyiksaan.

Jaksa regional Kharkiv, Olexander Ilyenkov meyakini telah terjadi kejahatan perang di Izyum.

Ilyenkov menjelaskan, sebagian besar jasad yang ada di sana tewas karena serangan pasukan Rusia, mulai gara-gara penyiksaan hingga serangan udara dan artileri.

Aparat berwenang bahkan sempat menemukan sebuah makam yang berisi 20 jasad tentara dengan kondisi tangan mereka terikat.

Izyum adalah satu dari beberapa kota di Ukraina yang menjadi target pertama pasukan militer Rusia.

Kota ini sempat difungsikan oleh Rusia sebagai basis suplai pasukan yang berada di timur Ukraina.

Andriy Yermak selaku Kepala Kantor Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky turut memviralkan foto ratusan makam misterius ini lewat akun Twitter-nya @AndriyYermak.

Andriy Yermak selaku Kepala Kantor Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky turut memviralkan foto ratusan makam misterius di Kota Izyum lewat akun Twitter-nya @AndriyYermak.
Andriy Yermak selaku Kepala Kantor Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky turut memviralkan foto ratusan makam misterius di Kota Izyum lewat akun Twitter-nya @AndriyYermak. (Twitter/@AndriyYermak)
Ukraina menemukan sekitar 450 kuburan di wilayah Izyum yang diduga merupakan korban penyiksaan pasukan Rusia, Jumat (16/9/2022).
Ukraina menemukan sekitar 450 kuburan di wilayah Izyum yang diduga merupakan korban penyiksaan pasukan Rusia, Jumat (16/9/2022). (AFP)

Dalam cuitannya itu, Yermak menyebut Rusia sebagai negara pembunuh dan teroris.

Sebelumnya diberitakan, Ukraina membeberkan penemuan mengenaskan setelah berhasil merebut kembali sebagian wilayah Kharkiv dari Rusia.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved