Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Daftar Susunan Terbaru Nama Menteri Jokowi di Kabinet Indonesia Maju, 4 Ketum Parpol Jadi Menteri

Simak daftar terbaru susunan nama menteri dan wakil menteri terbaru pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri terbaru pada Rabu (15/6/2022).

Hal ini dilakukan Jokowi setelah melakukan reshuffle atau merombak kabinet dengan mengganti dua pembantunya.

Adapun dua menteri yang diganti adalah Muhammad Lutfi yang mengisi pos Menteri Perdagangan (Mendag) dan Sofyan Djalil yang menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan memilih Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (15/6/2022).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan memilih Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (15/6/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

Baca juga: Makin Banyak Ketum Parpol Gabung Kabinet, Pengamat Soroti Pentingnya Peran Jokowi di 2024

Keduanya digantikan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sebagai Mendag dan mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dengan masuknya Zulkifli Hasan dalam Kabinet Indonesia Maju, maka ada empat ketua umum partai politik (parpol) yang menjadi pembantu presiden.

Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

Kemudian Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Nama selanjutnya adalah Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa yang mengisi pos Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Selain itu, jumlah menteri yang berasal dari parpol bertambah satu orang, dari sebelumnya 17 orang menjadi 18 menteri.

Dengan demikian, komposisi latar belakang sosok menteri pun selisih satu, yaitu 18 dari partai dan 16 non-partai dari total 34 menteri.

Baca juga: Dilantik Jadi Menteri ATR, Hadi Tjahjanto Ungkap 3 Tugas dan Target yang Dibebankan oleh Jokowi

Selain melantik dua menteri baru, Presiden juga mengangkat tiga wakil menteri yang ketiganya kader partai politik.

Mereka adalah John Wempi Wetipo dari PDIP sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri; Afriansyah Noor dari PBB sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Nama terakhir yang ikut dilantik adalah kader PSI, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Dengan dilantiknya para pembantu presiden terbaru ini, Jokowi memiliki 34 menteri dan 16 wakil menteri.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved