Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Bahas Kerja di Lapangan, Jokowi Ungkap Alasan Angkat Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri

Presiden Jokowi mengungkap alasannya mengangkat Ketum PAN Zulkifli Hasan dan eks panglima TNI Hadi Tjahjanto menjadi menteri.

YouTube Sekretariat Presiden
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan memilih Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (15/6/2022). 

TRIBUNWOW.COM -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik dua menteri untuk sisa jabatan 2019-2024 pada Rabu (15/6/2022).

Kedua orang tersebut adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan.

Lalu mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Presiden RI Joko Widodo berjalan bersama para Ketum Parpol koalisi sebelum pelantikan menteri dan wakil menteri pada Rabu (15/6/2022).
Presiden RI Joko Widodo berjalan bersama para Ketum Parpol koalisi sebelum pelantikan menteri dan wakil menteri pada Rabu (15/6/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

Baca juga: Profil Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN yang Baru Dilantik Jokowi, Ini Rekam Jejak Kariernya

Dikutip TribunWow.com, seusai pelantikan berakhir, Jokowi menjelaskan alasannya mengapa ia memilih kedua tokoh tersebut sebagai menterinya.

Satu alasan yang terus dibahas oleh Jokowi adalah kerja di lapangan.

"Kita melihat semuanya, rekam jejak, pengalaman, terutama untuk skill manajerial," ujar Jokowi.

Jokowi menekankan nantinya urusan yang diurus tidak hanya isu makro saja namun mikro juga.

Sang presiden menjelaskan bahwa Zulhas telah memiliki pengalaman yang memadai untuk menjabat posisi Mendag.

"Karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat, memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja lapangan yang terjun langsung melihat persoalan yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menekankan urusan bagi Mendag yang harus menjadi prioritas utama bukanlah ekspor melainkan mengutamakan kebutuhan pokok dalam negeri terpenuhi.

Selanjutnya Jokowi menceritakan alasannya memilih Hadi sebagai Menteri ATR/BPN.

Mirip dengan Zulhas, Jokowi menekankan pentingnya bekerja di langsung di lapangan.

"Karena Beliau dulu sebagai mantan Panglima, menguasai teritori dan kita juga tahu Pak Hadi kalau ke lapangan juga bekerjanya sangat detail," ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan, dirinya sudah menitipkan pesan kepada Hadi untuk menyelesaikan persoalan sengketa tanah dan lahan sebanyak-banyaknya.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved